PRINSIP DASAR PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Batasan Penelitian tindakan :

Sebagai sebuah proses investigasi terkendali yang bersiklus dan bersifat reflektif mandiri, yang memiliki tujuan untuk melakukan perbaikan-perbaikan terhadap sistem, cara kerja, proses, isi, kompetensi, atau situasi.

Siklus aktivitas dalam penelitian tindakan diawali dengan perencanaan tindakan (planning), penerapan tindakan (action), mengobservasi dan mengevaluasi proses dan hasil tindakan (observation and evaluation), dan melakukan refleksi (reflection), dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai (kriteria keberhasilan).

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas

 Memperbaiki dan meningkatkan kualitas isi, masukan, proses, dan hasil pembelajaran.

 Menumbuh-kembangkan budaya meneliti para dosen dan guru agar lebih proaktif mencari solusi thd permasalahan pembelajaran.

 Menumbuhkan dan meningkatkan produktivitas meneliti para dosen dan guru, khususnya dalam mencari solusi masalah- masalah pembelajaran.

 Meningkatkan kolaborasi antar dosen-guru dalam memecahkan masalah pembelajaran

Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas
 Inkuiri reflektif
 Kolaboratif
 Reflektif

Prinsip – PrinsipnPenelitian Tindakan Kelas

Prinsip Pertama
Tugas dosen dan guru yang utama adalah menyelenggarakan pemebelajaran yang baik dan berkualitas. Untuk itu, dosen dan guru memiliki komitmen dalam mengupayakan perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran secara terus menerus.

Prinsip Kedua

Meneliti merupakan bagian integral dari
pembelajaran, yang tidak menuntut kekhususan waktu maupun metode pengumpulan data.

Tahapan-tahapan penelitian tindakan selaras dengan pelaksanaan pembelajaran, yaitu : persiapan (planning), pelaksanaan pembelajaran (observation), evaluasi proses dan hasil pembelajaran (evaluation), dan refleksi dari proses dan hasil pembelajaran (reflection).

Prinsip Ketiga
Kegiatan meneliti, merupakan bagian integral dari pembelajaran, yang harus diselenggarakan dengan tetap bersandar pada alur dan kaidah ilmiah.

Alur pikir yang digunakan dimulai dari pendiagnosisan masalah dan faktor penyebab timbulnya masalah, pemilihan tindakan yg sesuai dgn permasalahan dan penyebabnya, merumuskan hipotesis tindakan yg tepat, penetapan skenario tindakan, penetapan prosedur pengumpulan data dan analisis data.

Prinsip Keempat
Masalah yang ditangani adalah masalah-masalah pembelajaran yang riil dan merisaukan tanggung jawab profesional dan komitmen terhadap memperoleh mutu pembelajaran.

Prinsip Kelima
Konsistensi sikap dan kepedulian dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran sangat diperlukan

Prinsip Keenam
Cakupan permasalahan penelitian tindakan tidak seharusnya dibatasi pada masalah pembelajaran di ruang kuliah, tetapi dapat diperluas pada tataran di luar ruang kuliah, misalnya : tataran sistem atau lembaga.Perspektif yang lebih luas akan memberi sumbangan lebih signifikan terhadap upaya peningkatan kualitas pendidikan.

Prosedur Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas

 Langkah-langkah pokok yang umumnya ditempuh adalah :

2) Penetapan fokus masalah penelitian

3) Perencanaan tindakan perbaikan

4) Pelaksanaan tindakan perbaikan, observasi, dan interpretasi

5) Analisis dan refleksi

6) Perencanaan tindak lanjut

1) Penetapan Fokus Masalah Penelitian

 Merasakan adanya masalah

 Identifikasi masalah

 Analisis masalah

 Merumuskan masalah

2) Perencanaan Tindakan
 Formulasi hipotesis tindakan

 Persiapan tindakan, antara lain :

– Membuat skenario pembelajaran yg berisikan langkah2 kegiatan dlm pembelajaran disamping bentuk2 kegiatan yang akan dilakukan.

– Mempersiapkan sarana pembelajaran yg mendukung terlaksananya tindakan.

– Mempersiapkan instrumen penelitian

– Melakukan simulasi pelaksanaan tindakan dan menguji keterlaksanaannya di lapangan.

3) Pelaksanaan Tindakan dan Observasi- Interpretasi
a Pelaksanaan Tindakan

Kegiatan Pelaksanaan tindakan perbaikan merupakan tindakan pokok dalam siklus penelitian tindakan.

b Observasi dan Interpretasi

Secara umum, observasi merupakan upaya untuk merekam proses yang terjadi selama pembelajaran berlangsung.

4) Analisis dan Refleksi
a. Analisis data

Analisis data dilakukan melalui 3 tahap, yaitu : reduksi data, paparan data, dan penyimpulan hasil analisis.

 Reduksi data adalah proses penyederhanaan data yg dilakukan melalui seleksi, pengelompokkan, dan pengorganisasian data mentah menjadi sebuah informasi bermakna.

Pemaparan data merupakan suatu upaya
menampilkan data secara jelas dan mudah dipahami dalam bentuk paparan naratif, grafik, atau perwujudan lainnya

 Penyimpulan merupakan pengambilan intisari dari sajian data yg telah terorganisasikan dalam bentuk pernyataan atau kalimat yg singkat, padat, dan bermakna.

4) Analisis dan Refleksi –lanjutan

§ Refleksi

Refleksi dimaksudkan sbg upaya untuk mengkaji apa yg telah dan belum terjadi, apa yang dihasilkan, kenapa hal tersebut terjadi demikian, dan apa yg perlu dilakukan selanjutnya.

Komponen2 refleksi dapat digambarkan sbb :
ANALISIS PEMAKNAAN PENJELASAN

TINDAK LANJUT PENYIMPULAN

5) Perencanaan Tindak Lanjut

Bila hasil perbaikan yg diharapkan belum tercapai pada siklus 1, maka diperlukan langkah lanjutan pada siklus 2. Satu siklus kegiatan merupakan kesatuan dari kegiatan perumusan masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan interpretasi, serta analisis dan refleksi. Banyaknya siklus tidak dapat ditetapkan, dan karenanya perlu dibuatkan semacam kriteria keberhasilan, misal : dgn menggunakan prinsip belajar tuntas. Apabila tingkat perbaikan yg diharapkan tercapai minimal 75%, maka pencapaian itu dapat dikatakan sudah memenuhi kriteria.

Instrumen-Instrumen dalam
Penelitian Tindakan Kelas

 Instrumen untuk mengobservasi guru
(observing teachers)

 Instrumen untuk mengobservasi kelas
(observing classroom)

 Instrumen untuk mengobservasi perilaku siswa (observing students)

AlasanPenolakan AngkaKredit

Bahasa_dalam_KTI

Leaflet_Blockgrant_PTK_PMPTK_2006

MacamIsiKTI

Makalah_PTK

PENELITIAN_TINDAKAN_KELAS

PTK_Prof_Dr_SuwarsihMadya

 

D r. SU T A M A , M . P d .

P e n d . M at. F K I P U M S

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s