STANDAR KUALIFIKASI AKADEMIK DAN KOMPETENSI GURU

v\:* {behavior:url(#default#VML);}
o\:* {behavior:url(#default#VML);}
w\:* {behavior:url(#default#VML);}
.shape {behavior:url(#default#VML);}

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

MicrosoftInternetExplorer4

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin:0in;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

PERATURAN

MENTERIPENDIDIKANNASIONAL REPUBLIKINDONESIA

 

NOMOR   16TAHUN 2007

 

TENTANG

 

STANDARKUALIFIKASIAKADEMIK DAN KOMPETENSI GURU DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA MENTERIPENDIDIKANNASIONAL,

Menimbang  :bahwa dalam rangka pelaksanaan Pasal 28 ayat (5) Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005tentang StandarNasional Pendidikan,perlumenetapkanPeraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru;

 

Mengingat     :1.  Undang-Undang  Nomor  20  Tahun  2003  tentang  Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun  2003   Nomor   78,   Tambahan   Lembaran   Negara RepublikIndonesiaNomor4301);

 

2.  Undang-UndangNomor14Tahun2005tentangGurudan

Dosen(LembaranNegaraRepublikIndonesiaTahun2005

Nomor157,TambahanLembaranNegaraRepublikIndonesia

Nomor4586);

 

3.  Peraturan PemerintahNomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun  2005   Nomor   41,   Tambahan   Lembaran   Negara RepublikIndonesiaNomor4496);

 

4. Peraturan  Presiden  Nomor  9  Tahun  2005  tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi, dan Tata Kerja Kementerian Negara Republik Indonesia sebagaimana telah   beberapa   kali   diubah   terakhir   dengan   Peraturan PresidenRepublikIndonesiaNomor94Tahun2006;

 

5.  KeputusanPresidenRepublikIndonesiaNomor187/MTahun

2004 mengenai Pembentukan KabinetIndonesiaBersatu sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan KeputusanPresidenRepublikIndonesiaNomor20/PTahun

2005;


MEMUTUSKAN:

 

Menetapkan :  PERATURAN  MENTERI  PENDIDIKAN  NASIONAL  REPUBLIK INDONESIA TENTANG STANDARKUALIFIKASIAKADEMIK DAN KOMPETENSI GURU.

.

 

Pasal 1

 

(1)    Setiapguruwajibmemenuhistandarkualifikasiakademik  dankompetensi guru           yangberlakusecaranasional.

 

(2)    Standarkualifikasiakademikdankompetensiguru  sebagaimanadimaksud pada  ayat(1)tercantumdalamLampiranPeraturanMenteriini.

 

Pasal 2

 

Ketentuanmengenai   guru  dalam  jabatan  yang  belum  memenuhi  kualifikasi akademik     diploma empat (D-IV) atau sarjana   (S1) akan diatur   dengan PeraturanMenteritersendiri.

 

 

 

Pasal 3

 

Peraturan Menteri ini mulaiberlakupadatanggalditetapkan

 

 

 

DitetapkandiJakarta pada tanggal 4 Mei 2007

 

MENTERIPENDIDIKANNASIONAL, TTD.

BAMBANGSUDIBYO


 

LAMPIRANPERATURANMENTERIPENDIDIKANNASIONAL NOMOR         16TAHUN 2007TANGGAL   4MEI2007

 

STANDARKUALIFIKASIAKADEMIKDANKOMPETENSIGURU

 

 

 

A.    KUALIFIKASIAKADEMIKGURU

 

1.     Kualifikasi Akademik GuruMelalui Pendidikan Formal

Kualifikasi akademikguru pada satuan pendidikan jalur formal mencakup  kualifikasi  akademik  guru  pendidikan  Anak  Usia  Dini/ Taman Kanak-kanak/Raudatul Atfal (PAUD/TK/RA), guru sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah (SD/MI), guru sekolah menengah pertama/madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), guru sekolah menengah atas/madrasah aliyah (SMA/MA), guru sekolah dasar luar biasa/sekolah menengah luar biasa/sekolahmenengahatasluarbiasa (SDLB/SMPLB/SMALB), dangurusekolah menengah kejuruan/madrasahaliyahkejuruan(SMK/MAK*),sebagaiberikut.

 

a.  Kualifikasi Akademik Guru PAUD/TK/RA

Guru pada PAUD/TK/RA harus memiliki kualifikasi akademik pendidikan  minimum  diploma  empat  (D-IV)  atau  sarjana  (S1) dalam bidang pendidikan anak usia dini atau psikologi yang diperolehdariprogramstudiyangterakreditasi.

 

b.  Kualifikasi Akademik Guru SD/MI

Guru pada SD/MI, atau bentuk lain yang sederajat, harus  memiliki kualifikasi akademik pendidikan minimum diploma empat (D-IV) atau  sarjana  (S1)  dalam  bidang  pendidikan  SD/MI  (D-IV/S1

PGSD/PGMI)   ataupsikologiyangdiperolehdariprogramstudi yangterakreditasi.

 

c.  Kualifikasi Akademik Guru SMP/MTs

Guru pada SMP/MTs, atau bentuklain yang sederajat, harus memiliki kualifikasi akademik pendidikan minimum diploma empat (D-IV)atausarjana(S1)program studi yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan/diampu,dandiperolehdariprogramstudi yangterakreditasi.

 

d.  Kualifikasi Akademik Guru SMA/MA

Guru pada SMA/MA, atau bentuk lain yang sederajat, harus memiliki kualifikasi akademik pendidikan minimum diploma empat (D-IV)atausarjana(S1)program studi yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan/diampu,dandiperolehdariprogramstudi yangterakreditasi.


e.  Kualifikasi Akademik GuruSDLB/SMPLB/SMALB

GurupadaSDLB/SMPLB/SMALB,ataubentuk lain yang sederajat, harus memiliki kualifikasi akademik pendidikan minimum diploma empat(D-IV)atausarjana(S1) programpendidikankhususatau sarjanayangsesuai  dengan  mata  pelajaran  yang diajarkan/diampu, dan diperoleh dari program studi yang terakreditasi.

 

f.   Kualifikasi Akademik Guru SMK/MAK*

Guru pada SMK/MAK* atau bentuklain yang sederajat, harus memiliki kualifikasi akademik pendidikan minimum diploma empat (D-IV)atausarjana(S1)program studi yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan/diampu,dandiperolehdariprogramstudi yangterakreditasi.

 

2.     Kualifikasi Akademik Guru Melalui Uji Kelayakan dan Kesetaraan Kualifikasi      akademik   yang   dipersyaratkan   untuk   dapat   diangkat sebagaigurudalambidang-bidangkhususyangsangatdiperlukan tetapi  belum  dikembangkan  di  perguruan  tinggi  dapat  diperoleh melaluiujikelayakandankesetaraan.Ujikelayakandankesetaraan bagiseseorangyangmemilikikeahliantanpaijazahdilakukanoleh perguruan tinggi yang diberi wewenanguntukmelaksanakannya.

 

 

 

Keterangan:

Tanda*    padahalamanini  danhalaman-halamanberikutmya,hanya    untukguru kelompokmatapelajarannormatifdanadaptif.


B.    STANDARKOMPETENSIGURU

 

Standar kompetensi guru ini dikembangkan secara utuh dari empat kompetensi utama, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Keempat kompetensi tersebutterintegrasi dalam kinerja guru.

 

Standar kompetensi guru mencakupkompetensi inti guru yang dikembangkan menjadi kompetensiguru PAUD/TK/RA, guru kelas SD/MI, dan   guru   mata   pelajaran   pada   SD/MI,      SMP/MTs,   SMA/MA,   dan SMK/MAK*sebagaiberikut.

 

Tabel1

StandarKompetensiGuruPAUD/TK/RA

 

 

 

 

No.

 

KOMPETENSI INTI GURU

 

KOMPETENSI GURU TK/PAUD

KompetensiPedagodik

1.

Menguasaikarakteristikpeserta didikdariaspekfisik,moral,sosial, kultural,emosional,danintelektual.

1.1    Memahamikarakteristikpesertadidik usia TK/PAUDyangberkaitandengan aspekfisik,intelektual,sosial-emosional,

moral,danlatarbelakangsosial-budaya.

1.2    Mengidentifikasipotensipesertadidik usiaTK/PAUDdalamberbagaibidang pengembangan.

 

1.3    Mengidentifikasikemampuanawal pesertadidikusiaTK/PAUDdalam berbagaibidangpengembangan.

1.4    Mengidentifikasikesulitanpesertadidik usiaTK/PAUDdalamberbagaibidang Pengembangan.

2.

Menguasaiteoribelajardanprinsip- prinsippembelajaranyangmendidik.

2.1    Memahamiberbagaiteoribelajardan prinsip-prinsipbermainsambilbelajar yangmendidikyangterkaitdengan

berbagaibidangpengembangandi

TK/PAUD.

 

2.2    Menerapkanberbagaipendekatan, strategi,metode,danteknikbermain sambilbelajaryangbersifatholistik, otentik,danbemakna,yangterkait denganberbagaibidangpengembangan diTK/PAUD.

3.

Mengembangkankurikulumyang terkaitdenganbidang pengembanganyangdiampu.

3.1    Memahamiprinsip-prinsip pengembangankurikulum.

3.2    Menentukantujuankegiatan pengembanganyangmendidik.


 

 

No.

 

KOMPETENSI INTI GURU

 

KOMPETENSI GURU TK/PAUD

 

 

3.3    Menentukankegiatanbermainsambil belajaryangsesuaiuntukmencapai tujuanpengembangan.

3.4    Memilihmaterikegiatanpengembangan yangmendidikyaitukegiatanbermain sambilbelajarsesuaidengantujuan pengembangan.

3.5   Menyusunperencanaansemester,

mingguandanhariandalamberbagai kegiatanpengembangandiTK/PAUD.

3.6    Mengembangkanindikatordaninstrumen penilaian.

4.

Menyelenggarakankegiatan pengembanganyangmendidik

4.1     Memahamiprinsip-prinsipperancangan kegiatanpengembanganyangmendidik danmenyenangkan.

4.2     Mengembangkankomponen-komponen rancangankegiatanpengembanganyang mendidikdanmenyenangkan.

4.3     Menyusunrancangankegiatan pengembanganyangmendidikyang

lengkap,baikuntukkegiatandidalam kelas,maupundiluarkelas.

4.4     Menerapkankegiatanbermainyang bersifatholistik,otentik,danbermakna.

4.5    Menciptakansuasanabermainyang

menyenangkan,inklusif,dandemokratis

 

4.6     Memanfaatkanmediadansumberbelajar yangsesuaidenganpendekatanbermain sambilbelajar.

4.7     Menerapkantahapanbermainanak dalamkegiatanpengembangandi TK/PAUD.

4.8     Mengambilkeputusantransaksional dalamkegiatanpengembangandi

TK/PAUDsesuaidengansituasiyang

berkembang.

5.

Memanfaatkanteknologiinformasi dankomunikasiuntukkepentingan

penyelenggaraankegiatan

pengembanganyangmendidik.

5.1     Memanfaatkanteknologiinformasidan komunikasiuntukmeningkatkankualitas

kegiatanpengembanganyangmendidik.

6.

Memfasilitasipengembangan potensipesertadidikuntuk mengaktualisasikanberbagai potensiyangdimiliki.

6.1     Menyediakanberbagaikegiatanbermain sambilbelajaruntukmendorongpeserta didikmengembangkanpotensinyasecara optimaltermasukkreativitasnya.

 

 

 

 

6


 

 

No.

 

KOMPETENSI INTI GURU

 

KOMPETENSI GURU TK/PAUD

7.

Berkomunikasisecaraefektif, empatik,dansantundenganpeserta didik.

7.1     Memahamiberbagaistrategi berkomunikasiyangefektif,empatikdan santun,baiksecaralisanmaupun tulisan.

 

7.2     Berkomunikasisecaraefektif,empatik, dansantundenganpesertadidikdengan bahasayangkhasdalaminteraksi pembelajaranyangterbangunsecara siklikaldari(a)penyiapankondisi psikologispesertadidik,(b)memberikan.

 

pertanyaanatautugassebagaiundangan kepadapesertadidikuntukmerespons,

(c)responspesertadidik,(d)reaksiguru terhadapresponspesertadidik,dan seterusnya.

8.

Menyelenggarakanpenilaiandan evaluasiprosesdanhasilbelajar

8.1     Memahamiprinsip-prinsippenilaiandan evaluasiprosesdanhasilbelajarsesuai dengankarakteristiklimamatapelajaran SD/MI.

8.2     Menentukanaspek-aspekprosesdan hasilbelajaryangpentinguntukdinilai dandievaluasisesuaidengan karakteristiklimamatapelajaranSD/MI.

8.3     Menentukanprosedurpenilaiandan evaluasiprosesdanhasilbelajar.

8.4     Mengembangkaninstrumenpenilaian danevaluasiprosesdanhasilbelajar.

8.5               Mengadministrasikanpenilaianproses danhasilbelajarsecara berkesinambungandenganmengunakan berbagaiinstrumen.

8.6               Menganalisishasilpenilaianprosesdan hasilbelajaruntukberbagaitujuan.

8.7     Melakukanevaluasiprosesdanhasil belajar.

9.

Memanfaatkanhasilpenilaiandan evaluasiuntukkepentingan pembelajaran.

9.1     Menggunakaninformasihasilpenilaian danevaluasiuntukmenentukan ketuntasanbelajar.

 

 

9.2     Menggunakaninformasihasilpenilaian danevaluasiuntukmerancangprogram

remedialdanpengayaan.

9.3     Mengkomunikasikanhasilpenilaiandan evaluasikepadapemangkukepentingan.

9.4     Memanfaatkaninformasihasilpenilaian danevaluasipembelajaranuntuk meningkatkankualitaspembelajaran.

 

 

 

7


 

 

No.

 

KOMPETENSI INTI GURU

 

KOMPETENSI GURU TK/PAUD

10.

Melakukantindakanreflektifuntuk peningkatankualitaspembelajaran.

10.1     Melakukanrefleksiterhadap pembelajaranyangtelahdilaksanakan.

 

10.2     Memanfaatkanhasilrefleksiuntuk perbaikandanpengembanganlimamata pelajaranSD/MI.

 

10.3     Melakukanpenelitiantindakankelas untukmeningkatkankualitas pembelajaranlimamatapelajaranSD/MI.

 

KompetensiKepribadian

11.

Bertindaksesuaidengannorma agama,hukum,sosial,dan kebudayaannasionalIndonesia.

11.1               Menghargaipesertadidiktanpa membedakankeyakinanyangdianut, suku,adat-istiadat,daerahasal,dan gender.

 

11.2     Bersikapsesuaidengannormaagama yangdianut,hukumdannormasosial yangberlakudalammasyarakat,serta kebudayaannasionalIndonesiayang beragam.

12.

Menampilkandirisebagaipribadi yangjujur,berakhlakmulia,dan

teladanbagipesertadidikdan

masyarakat.

12.1    Berperilakujujur,tegas,danmanusiawi.

 

12.2     Berperilakuyangmencerminkan ketakwaan,danakhlakmulia.

 

12.3     Berperilakuyangdapatditeladanioleh pesertadidikdananggotamasyarakatdi sekitarnya.

13.

Menampilkandirisebagaipribadi yangmantap,stabil,dewasa,arif, danberwibawa.

13.1    Menampilkandirisebagaipribadiyang mantapdanstabil.

13.2     Menampilkandirisebagaipribadiyang dewasa,arif,danberwibawa.

14.

Menunjukkanetoskerja, tanggungjawabyangtinggi,rasa banggamenjadiguru,danrasa

percayadiri.

14.1    Menunjukkanetoskerjadantanggung jawabyangtinggi.

14.2     Banggamenjadigurudanpercayapada dirisendiri.

14.3    Bekerjamandirisecaraprofesional.

15.

Menjunjungtinggikodeetikprofesi guru.

15.1    Memahamikodeetikprofesiguru.

15.2    Menerapkankodeetikprofesiguru.

15.3     Berperilakusesuaidengankodeetik guru.

 

 

8


 

 

No.

 

KOMPETENSI INTI GURU

 

KOMPETENSI GURU TK/PAUD

KompetensiSosial

16.

Bersikapinklusif,bertindakobjektif, sertatidakdiskriminatifkarena

pertimbanganjeniskelamin,agama,

ras,kondisifisik,latarbelakang keluarga,danstatussosialekonomi.

16.1     Bersikapinklusifdanobjektifterhadap pesertadidik,temansejawatdan

lingkungansekitardalammelaksanakan

pembelajaran.

16.2     Tidakbersikapdiskriminatifterhadap pesertadidik,temansejawat,orangtua pesertadidikdanlingkungansekolah karenaperbedaanagama,suku,jenis kelamin,latarbelakangkeluarga,dan statussosial-ekonomi.

17.

Berkomunikasisecaraefektif, empatik,dansantundengan sesamapendidik,tenaga kependidikan,orangtua,dan masyarakat.

17.1     Berkomunikasidengantemansejawat dankomunitasilmiahlainnyasecara santun,empatikdanefektif.

17.2     Berkomunikasidenganorangtuapeserta didikdanmasyarakatsecarasantun, empatik,danefektiftentangprogram

pembelajarandankemajuanpeserta

didik.

17.3     Mengikutsertakanorangtuapesertadidik danmasyarakatdalamprogram pembelajarandandalammengatasi kesulitanbelajarpesertadidik.

18.

Beradaptasiditempatbertugasdi seluruhwilayahRepublikIndonesia yangmemilikikeragamansosial budaya.

18.1     Beradaptasidenganlingkungantempat bekerjadalamrangkameningkatkan efektivitassebagaipendidik,termasuk memahamibahasadaerahsetempat.

18.2     Melaksanakanberbagaiprogramdalam lingkungankerjauntukmengembangkan danmeningkatkankualitaspendidikandi daerahyangbersangkutan.

19.

Berkomunikasidengankomunitas profesisendiridanprofesilain secaralisandantulisanataubentuk lain.

19.1               Berkomunikasidengantemansejawat, profesiilmiah,dankomunitasilmiah lainnyamelaluiberbagaimediadalam rangkameningkatkankualitas pendidikan.

19.2     Mengkomunikasikanhasil-hasilinovasi pembelajarankepadakomunitasprofesi sendirisecaralisandantulisanatau bentuklain.

 

 

 

 

9


 

 

No.

 

KOMPETENSI INTI GURU

 

KOMPETENSI GURU TK/PAUD

 

KompetensiProfesional

20.

Menguasaimateri,struktur,konsep, danpolapikirkeilmuanyang mendukungmatapelajaranyang diampu.

20.1     Menguasaikonsepdasarmatematika, sains,bahasa,pengetahuansosial, agama,seni,pendidikanjasmani, kesehatandangizisebagaisarana

pengembanganuntuksetiapbidang

pengembangananakTK/PAUD.

20.2     Menguasaipenggunaanberbagaialat permainanuntukmengembangkanaspek fisik,kognitif,sosial-emosional,nilai

moral,sosialbudaya,danbahasaanak

TK/PAUD.

20.3    Menguasaiberbagaipermainananak.

21.

Menguasaistandarkompetensidan kompetensidasarmata pelajaran/bidangpengembangan yangdiampu.

21.1    MemahamikemampuananakTK/PAUD

dalamsetiapbidangpengembangan.

21.2     Memahamikemajuananakdalamsetiap bidangpengembangandiTK/PAUD.

21.3     Memahamitujuansetiapkegiatan pengembangan.

22.

Mengembangkanmateri pembelajaranyangdiampusecara kreatif.

22.1     Memilihmateribidangpengembangan yangsesuaidengantingkat perkembanganpesertadidik.

22.2     Mengolahmateribidangpengembangan secarakreatifsesuaidengantingkat perkembanganpesertadidik.

23.

Mengembangkankeprofesionalan secaraberkelanjutandengan melakukantindakanreflektif.

23.1     Melakukanrefleksiterhadapkinerja sendirisecaraterusmenerus.

23.2     Memanfaatkanhasilrefleksidalam rangkapeningkatankeprofesionalan.

23.3     Melakukanpenelitiantindakankelas untukpeningkatankeprofesionalan.

23.4     Mengikutikemajuanzamandengan belajardariberbagaisumber.

24.

Memanfaatkanteknologiinformasi dankomunikasiuntuk berkomunikasidan mengembangkandiri.

24.1     Memanfaatkanteknologiinformasidan komunikasidalamberkomunikasi.

24.2     Memanfaatkanteknologiinformasidan komunikasiuntukpengembangandiri.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10


Tabel2

StandarKompetensiGuruKelasSD/MI

 

 

 

 

No.

 

KOMPETENSI INTI GURU

 

KOMPETENSI GURU KELAS SD/MI

KompetensiPedagodik

1.

Menguasaikarakteristikpeserta didikdariaspekfisik,moral, sosial,kultural,emosional,dan intelektual.

1.1      Memahamikarakteristikpesertadidikusia sekolahdasaryangberkaitandenganaspek fisik,intelektual,sosial-emosional,moral, spiritual,danlatarbelakangsosial-budaya.

1.2      Mengidentifikasipotensipesertadidikusia sekolahdasardalamlimamatapelajaran SD/MI.

1.3     Mengidentifikasikemampuanawalpeserta

didikusiasekolahdasardalamlimamata pelajaranSD/MI.

1.4      Mengidentifikasikesulitanpesertabelajar usiasekolahdasardalamlimamata pelajaranSD/MI.

2.

Menguasaiteoribelajardan prinsip-prinsippembelajaranyang mendidik.

2.1      Memahamiberbagaiteoribelajardan prinsip-prinsippembelajaranyangmendidik terkaitdenganlimamatapelajaranSD/MI.

2.2      Menerapkanberbagaipendekatan,strategi, metode,danteknikpembelajaranyang mendidiksecarakreatifdalamlimamata pelajaranSD/MI.

2.3      Menerapkanpendekatanpembelajaran tematis,khususnyadikelas-kelasawal SD/MI.

3.

Mengembangkankurikulumyang terkaitdenganmata pelajaran/bidangpengembangan yangdiampu.

3.1      Memahamiprinsip-prinsippengembangan kurikulum.

 

3.2     Menentukantujuanlimamatapelajaran

SD/MI.

 

3.3      Menentukanpengalamanbelajaryang sesuaiuntukmencapaitujuanlimamata pelajaranSD/MI

 

3.4      MemilihmaterilimamatapelajaranSD/MI yangterkaitdenganpengalamanbelajar dantujuanpembelajaran.

 

3.5      Menatamateripembelajaransecarabenar sesuaidenganpendekatanyangdipilihdan karakteristikpesertadidikusiaSD/MI.

 

3.6      Mengembangkanindikatordaninstrumen penilaian.

 

 

 

11


 

 

No.

 

KOMPETENSI INTI GURU

 

KOMPETENSI GURU KELAS SD/MI

4.

Menyelenggarakanpembelajaran yangmendidik.

4.1      Memahamiprinsip-prinsipperancangan pembelajaranyangmendidik.

 

 

4.2      Mengembangkankomponen-komponen rancanganpembelajaran.

4.3      Menyusunrancanganpembelajaranyang lengkap,baikuntukkegiatandidalamkelas, laboratorium,maupunlapangan.

4.4      Melaksanakanpembelajaranyangmendidik dikelas,dilaboratorium,dandilapangan.

4.5      Menggunakanmediapembelajaransesuai dengankarakteristikpesertadidikdanlima matapelajaranSD/MIuntukmencapai tujuanpembelajaransecarautuh.

4.6      Mengambilkeputusantransaksionaldalam limamatapelajaranSD/MIsesuaidengan situasiyangberkembang.

5.

Memanfaatkanteknologiinformasi dankomunikasiuntuk

kepentinganpembelajaran.

5.1      Memanfaatkanteknologiinformasidan komunikasidalampembelajaran.

6.

Memfasilitasipengembangan potensipesertadidikuntuk

mengaktualisasikanberbagai potensiyangdimiliki.

6.1      Menyediakanberbagaikegiatan pembelajaranuntukmendorongpeserta

didikmencapaiprestasibelajarsecara optimal.

6.2      Menyediakanberbagaikegiatan pembelajaranuntukmengaktualisasikan potensipesertadidik,termasuk kreativitasnya.

7.

Berkomunikasisecaraefektif, empatik,dansantundengan pesertadidik.

7.1       Memahamiberbagaistrategiberkomunikasi yangefektif,empatikdansantun,baik secaralisanmaupuntulisan.

7.2       Berkomunikasisecaraefektif,empatik,dan santundenganpesertadidikdengan

bahasayangkhasdalaminteraksi

pembelajaranyangterbangunsecara

siklikaldari(a)penyiapankondisipsikologis pesertadidik,(b)memberikanpertanyaan atautugassebagaiundangankepada pesertadidikuntukmerespons,(c)respons pesertadidik,(d)reaksiguruterhadap responspesertadidik,danseterusnya.

8.

Menyelenggarakanpenilaiandan evaluasiprosesdanhasilbelajar.

8.1       Memahamiprinsip-prinsippenilaiandan evaluasiprosesdanhasilbelajarsesuai dengankarakteristiklimamatapelajaran

SD/MI.

 

 

 

 

 

 

12


 

 

No.

 

KOMPETENSI INTI GURU

 

KOMPETENSI GURU KELAS SD/MI

 

 

8.2       Menentukanaspek-aspekprosesdanhasil belajaryangpentinguntukdinilaidan dievaluasisesuaidengankarakteristiklima matapelajaranSD/MI.

8.3       Menentukanprosedurpenilaiandan evaluasiprosesdanhasilbelajar.

8.4       Mengembangkaninstrumenpenilaiandan evaluasiprosesdanhasilbelajar.

8.5       Mengadministrasikanpenilaianprosesdan hasilbelajarsecaraberkesinambungan denganmengunakanberbagaiinstrumen.

8.6       Menganalisishasilpenilaianprosesdan hasilbelajaruntukberbagaitujuan.

8.7       Melakukanevaluasiprosesdanhasil belajar.

9.

Memanfaatkanhasilpenilaiandan evaluasiuntukkepentingan pembelajaran.

9.1       Menggunakaninformasihasilpenilaiandan evaluasiuntukmenentukanketuntasan belajar.

9.2       Menggunakaninformasihasilpenilaiandan evaluasiuntukmerancangprogram

remedialdanpengayaan.

9.3       Mengkomunikasikanhasilpenilaiandan evaluasikepadapemangkukepentingan.

9.4       Memanfaatkaninformasihasilpenilaiandan evaluasipembelajaranuntukmeningkatkan kualitaspembelajaran.

10.

Melakukantindakanreflektifuntuk peningkatankualitas pembelajaran.

10.1      Melakukanrefleksiterhadappembelajaran yangtelahdilaksanakan.

10.2      Memanfaatkanhasilrefleksiuntuk perbaikandanpengembanganlimamata

pelajaranSD/MI.

10.3      Melakukanpenelitiantindakankelasuntuk meningkatkankualitaspembelajaranlima matapelajaranSD/MI.

KompetensiKepribadian

11.

Bertindaksesuaidengannorma agama,hukum,sosial,dan kebudayaannasionalIndonesia.

11.1      Menghargaipesertadidiktanpa membedakankeyakinanyangdianut,suku, adat-istiadat,daerahasal,dangender.

11.2      Bersikapsesuaidengannormaagamayang dianut,hukumdannormasosialyang

berlakudalammasyarakat,serta

kebudayaannasionalIndonesiayang beragam.

 

 

 

 

 

 

 

13


 

 

No.

 

KOMPETENSI INTI GURU

 

KOMPETENSI GURU KELAS SD/MI

12.

Menampilkandirisebagaipribadi yangjujur,berakhlakmulia,dan teladanbagipesertadidikdan masyarakat.

12.1     Berperilakujujur,tegas,danmanusiawi.

12.2      Berperilakuyangmencerminkanketakwaan danakhlakmulia.

12.3      Berperilakuyangdapatditeladanioleh pesertadidikdananggotamasyarakatdi sekitarnya.

13.

Menampilkandirisebagaipribadi yangmantap,stabil,dewasa,arif, danberwibawa.

13.3      Menampilkandirisebagaipribadiyang mantapdanstabil.

13.2      Menampilkandirisebagaipribadiyang dewasa,arif,danberwibawa.

14.

Menunjukkanetoskerja,tanggung jawabyangtinggi,rasabangga

menjadiguru,danrasapercaya

diri.

14.1               Menunjukkanetoskerjadantanggung jawabyangtinggi.

14.2     Banggamenjadigurudanpercayapadadiri

sendiri.

14.3     Bekerjamandirisecaraprofesional.

15.

Menjunjungtinggikodeetik profesiguru.

15.1     Memahamikodeetikprofesiguru.

15.2     Menerapkankodeetikprofesiguru.

15.3     Berperilakusesuaidengankodeetikguru.

KompetensiSosial

16.

Bersikapinklusif,bertindak objektif,sertatidakdiskriminatif

karenapertimbanganjenis kelamin,agama,ras,kondisifisik, latarbelakangkeluarga,dan statussosialekonomi.

16.1      Bersikapinklusifdanobjektifterhadap pesertadidik,temansejawatdan

lingkungansekitardalammelaksanakan pembelajaran.

16.2      Tidakbersikapdiskriminatifterhadap pesertadidik,temansejawat,orangtua pesertadidikdanlingkungansekolah

karenaperbedaanagama,suku,jenis

kelamin,latarbelakangkeluarga,danstatus sosial-ekonomi.

17.

Berkomunikasisecaraefektif, empatik,dansantundengan sesamapendidik,tenaga

kependidikan,orangtua,dan

masyarakat.

17.1      Berkomunikasidengantemansejawatdan komunitasilmiahlainnyasecarasantun, empatikdanefektif.

17.2     Berkomunikasidenganorangtuapeserta

didikdanmasyarakatsecarasantun, empatik,danefektiftentangprogram pembelajarandankemajuanpesertadidik.

17.3      Mengikutsertakanorangtuapesertadidik danmasyarakatdalamprogram pembelajarandandalammengatasi kesulitanbelajarpesertadidik.

 

 

 

 

 

 

 

14


 

 

No.

 

KOMPETENSI INTI GURU

 

KOMPETENSI GURU KELAS SD/MI

18.

Beradaptasiditempatbertugasdi seluruhwilayahRepublik Indonesiayangmemiliki keragamansosialbudaya.

18.1      Beradaptasidenganlingkungantempat bekerjadalamrangkameningkatkan efektivitassebagaipendidik,termasuk memahamibahasadaerahsetempat.

18.2      Melaksanakanberbagaiprogramdalam lingkungankerjauntukmengembangkan danmeningkatkankualitaspendidikandi

daerahyangbersangkutan.

19.

Berkomunikasidengankomunitas profesisendiridanprofesilain secaralisandantulisanatau

bentuklain.

19.1      Berkomunikasidengantemansejawat, profesiilmiah,dankomunitasilmiahlainnya melaluiberbagaimediadalamrangka

meningkatkankualitaspendidikan.

19.2      Mengkomunikasikanhasil-hasilinovasi pembelajarankepadakomunitasprofesi sendirisecaralisandantulisanataubentuk lain.

KompetensiProfesional

20.

Menguasaimateri,struktur, konsep,danpolapikirkeilmuan

yangmendukungmatapelajaran

yangdiampu.

BahasaIndonesia

20.1      Memahamihakikatbahasadan pemerolehanbahasa.

20.2      Memahamikedudukan,fungsi,danragam bahasaIndonesia.

20.3      Menguasaidasar-dasardankaidahbahasa Indonesiasebagairujukanpenggunaan bahasaIndonesiayangbaikdanbenar.

20.4      MemilikiketerampilanberbahasaIndonesia (menyimak,berbicara,membaca,dan menulis)

20.5     Memahamiteoridangenresastra

Indonesia.

20.6     Mampumengapresiasikaryasastra

Indonesia,secarareseptifdanproduktif.

 

Matematika

20.7      Menguasaipengetahuankonseptualdan proseduralsertaketerkaitankeduanya

dalamkonteksmateriaritmatika,aljabar,

geometri,trigonometri,pengukuran, statistika,danlogikamatematika.

 

20.8      Mampumenggunakanmatematisasi horizontaldanvertikaluntuk menyelesaikanmasalahmatematikadan masalahdalamdunianyata.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15


 

 

No.

 

KOMPETENSI INTI GURU

 

KOMPETENSI GURU KELAS SD/MI

 

 

20.9      Mampumenggunakanpengetahuan konseptual,prosedural,danketerkaitan keduanyadalampemecahanmasalah matematika,serta.penerapannyadalam kehidupansehari-hari.

20.10    Mampumenggunakanalatperaga,alat ukur,alat  hitung,danpirantilunak komputer.

 

IPA

20.11    Mampumelakukanobservasigejalaalam baiksecaralangsungmaupuntidak

langsung.

20.12    Memanfaatkankonsep-konsepdanhukum- hukumilmupengetahuanalamdalam berbagaisituasikehidupansehari-hari.

20.13    Memahamistrukturilmupengetahuanalam, termasukhubunganfungsional

antarkonsep,yangberhubungandengan matapelajaranIPA.

 

IPS

20.14             Menguasaimaterikeilmuanyangmeliputi dimensipengetahuan,nilai,dan

keterampilanIPS.

20.15    Mengembangkanmateri,struktur,dan konsepkeilmuanIPS.

20.16             Memahamicita-cita,nilai,konsep,dan prinsip-prinsippokokilmu-ilmusosialdalam kontekskebhinnekaanmasyarakat Indonesiadandinamikakehidupanglobal.

20.17    Memahamifenomenainteraksi perkembanganilmupengetahuan, teknologi,seni,kehidupanagama,dan perkembanganmasyarakatsertasaling ketergantunganglobal.

 

PKn

20.18             Menguasaimaterikeilmuanyangmeliputi dimensipengetahuan,sikap,nilai,dan

perilakuyangmendukungkegiatan pembelajaranPKn.

 

20.19    Menguasaikonsepdanprinsipkepribadian nasionaldandemokrasikonstitusional Indonesia,semangatkebangsaandancinta tanahairsertabelanegara.

20.20    Menguasaikonsepdanprinsip perlindungan,pemajuanHAM,serta penegakanhukumsecaraadildanbenar.

 

 

 

 

 

 

16


 

 

No.

 

KOMPETENSI INTI GURU

 

KOMPETENSI GURU KELAS SD/MI

 

 

20.21   Menguasaikonsep,prinsip,nilai,moral,dan normakewarganegaraanIndonesiayang demokratisdalamkontekskewargaan negaradandunia.

21.

Menguasaistandarkompetensi dankompetensidasarmata

pelajaran/bidangpengembangan

yangdiampu.

21.1      Memahamistandarkompetensilimamata pelajaranSD/MI.

21.2     Memahamikompetensidasarlimamata

pelajaranSD/MI.

21.3      Memahamitujuanpembelajaranlimamata pelajaranSD/MI.

22.

Mengembangkanmateri pembelajaranyangdiampu

secarakreatif.

22.1     MemilihmaterilimamatapelajaranSD/MI

yangsesuaidengantingkatperkembangan pesertadidik.

22.2      MengolahmaterilimamatapelajaranSD/MI secaraintegratifdankreatifsesuaidengan tingkatperkembanganpesertadidik.

23.

Mengembangkankeprofesionalan secaraberkelanjutandengan

melakukantindakanreflektif.

23.1      Melakukanrefleksiterhadapkinerjasendiri secara\terusmenerus.

23.2     Memanfaatkanhasilrefleksidalamrangka

peningkatankeprofesionalan.

23.3      Melakukanpenelitiantindakankelasuntuk peningkatankeprofesionalan.

23.4      Mengikutikemajuanzamandenganbelajar dariberbagaisumber.

24.

Memanfaatkanteknologiinformasi dankomunikasiuntuk berkomunikasidan mengembangkandiri.

24.1      Memanfaatkanteknologiinformasidan komunikasidalamberkomunikasi.

24.2      Memanfaatkanteknologiinformasidan komunikasiuntukpengembangandiri.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

17


Tabel3

Standar Kompetensi Guru Mata PelajarandiSD/MI,SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK*

 

No.

KOMPETENSI INTI GURU

KOMPETENSIGURUMATAPELAJARAN

KompetensiPedagodik

1.

Menguasaikarakteristik peserta didikdariaspekfisik, moral,spiritual,sosial,kultural, emosional,danintelektual.

1.1

Memahamikarakteristikpesertadidik yangberkaitandenganaspekfisik, intelektual,sosial-emosional,moral, spiritual,danlatarbelakangsosial- budaya.

 

 

1.2

Mengidentifikasipotensipesertadidik

dalammatapelajaranyangdiampu.

 

 

1.3

Mengidentifikasibekal-ajarawalpeserta didikdalammatapelajaranyangdiampu.

 

 

1.4

Mengidentifikasikesulitanbelajarpeserta didikdalammatapelajaranyangdiampu.

2.

Menguasaiteoribelajardan prinsip-prinsippembelajaran

yangmendidik.

2.1

Memahamiberbagaiteoribelajardan prinsip-prinsippembelajaranyang

mendidikterkaitdenganmatapelajaran

yangdiampu.

 

 

2.2

Menerapkanberbagaipendekatan, strategi,metode,danteknikpembelajaran yangmendidiksecarakreatifdalammata pelajaranyangdiampu.

3.

Mengembangkankurikulum yangterkaitdenganmata

pelajaranyangdiampu.

3.1

 

3.2

Memahamiprinsip-prinsip pengembangankurikulum.

Menentukantujuanpembelajaranyang

diampu.

 

 

3.3

Menentukanpengalamanbelajaryang

sesuaiuntukmencapaitujuan pembelajaranyangdiampu.

 

 

3.4

Memilihmateripembelajaranyang

diampuyangterkaitdenganpengalaman belajardantujuanpembelajaran.

 

 

3.5

Menatamateripembelajaransecara

benarsesuaidenganpendekatanyang dipilihdankarakteristikpesertadidik.

 

 

3.6

Mengembangkanindikatordaninstrumen

penilaian.

4.

Menyelenggarakan pembelajaranyangmendidik.

4.1

Memahamiprinsip-prinsipperancangan pembelajaranyangmendidik.

 

 

4.2

 

 

 

4.3

Mengembangkankomponen-komponen

rancanganpembelajaran.

 

Menyusunrancanganpembelajaranyang lengkap,baikuntukkegiatandidalam kelas,laboratorium,maupunlapangan.

 

 

 

18


 

No.

KOMPETENSI INTI GURU

KOMPETENSIGURUMATAPELAJARAN

 

 

4.4       Melaksanakanpembelajaranyang mendidikdikelas,dilaboratorium,dandi lapangandenganmemperhatikanstandar keamananyangdipersyaratkan.

4.5       Menggunakanmediapembelajarandan sumberbelajaryangrelevandengan karakteristikpesertadidikdanmata pelajaranyangdiampuuntukmencapai tujuanpembelajaransecarautuh.

4.6       Mengambilkeputusantransaksional dalampembelajaranyangdiampusesuai dengansituasiyangberkembang.

5.

Memanfaatkanteknologi informasidankomunikasi

untukkepentingan pembelajaran.

5.1       Memanfaatkanteknologiinformasidan komunikasidalampembelajaranyang

diampu.

6.

Memfasilitasipengembangan potensipesertadidikuntuk mengaktualisasikanberbagai potensiyangdimiliki.

6.1       Menyediakanberbagaikegiatan pembelajaranuntukmendorongpeserta didikmencapaiprestasisecaraoptimal.

6.2       Menyediakanberbagaikegiatan pembelajaranuntukmengaktualisasikan

potensipesertadidik,termasuk kreativitasnya.

7.

Berkomunikasisecaraefektif, empatik,dansantundengan

pesertadidik.

7.1       Memahamiberbagaistrategi berkomunikasiyangefektif,empatik,dan

santun,secaralisan,tulisan,dan/atau bentuklain.

7.2       Berkomunikasisecaraefektif,empatik, dan santundenganpesertadidikdengan bahasayangkhasdalaminteraksi kegiatan/permainanyangmendidikyang terbangunsecarasiklikaldari(a) penyiapankondisipsikologispesertadidik untukambilbagiandalampermainan melaluibujukandancontoh,(b)ajakan kepadapesertadidikuntukambilbagian, (c)responspesertadidikterhadapajakan guru,dan(d)reaksiguruterhadap

responspesertadidik,danseterusnya.

 

 

 

 

 

 

19


 

No.

KOMPETENSI INTI GURU

KOMPETENSIGURUMATAPELAJARAN

8.

Menyelenggarakanpenilaian danevaluasiprosesdanhasil belajar.

8.1       Memahamiprinsip-prinsippenilaiandan evaluasiprosesdanhasilbelajarsesuai dengankarakteristikmatapelajaranyang diampu.

8.2       Menentukanaspek-aspekprosesdan hasilbelajaryangpentinguntukdinilai

dandievaluasisesuaidengan

karakteristikmatapelajaranyangdiampu.

8.3       Menentukanprosedurpenilaiandan evaluasiprosesdanhasilbelajar.

8.4       Mengembangkaninstrumenpenilaian danevaluasiprosesdanhasilbelajar.

8.5       Mengadministrasikanpenilaianproses danhasilbelajarsecara berkesinambungandenganmengunakan berbagaiinstrumen.

8.6       Menganalisishasilpenilaianprosesdan hasilbelajaruntukberbagaitujuan.

8.7       Melakukanevaluasiprosesdanhasil belajar.

9.

Memanfaatkanhasilpenilaian danevaluasiuntuk kepentinganpembelajaran.

9.1       Menggunakaninformasihasilpenilaian danevaluasiuntukmenentukan ketuntasanbelajar

9.2       Menggunakaninformasihasilpenilaian danevaluasiuntukmerancangprogram

remedialdanpengayaan.

9.3       Mengkomunikasikanhasilpenilaiandan evaluasikepadapemangkukepentingan.

9.4       Memanfaatkaninformasihasilpenilaian danevaluasipembelajaranuntuk meningkatkankualitaspembelajaran.

10.

Melakukantindakanreflektif untukpeningkatankualitas pembelajaran.

10.1       Melakukanrefleksiterhadap pembelajaranyangtelahdilaksanakan.

 

10.2       Memanfaatkanhasilrefleksiuntuk perbaikandanpengembangan pembelajarandalammatapelajaranyang diampu.

 

10.3       Melakukanpenelitiantindakankelasuntukmeningkatkankualitaspembelajaran dalammatapelajaranyangdiampu.

 

 

 

 

20


 

No.

KOMPETENSI INTI GURU

KOMPETENSIGURUMATAPELAJARAN

 

KompetensiKepribadian

11.

Bertindaksesuaidengan normaagama,hukum,sosial, dankebudayaannasional Indonesia.

11.1       Menghargaipesertadidiktanpa membedakankeyakinanyangdianut, suku,adat-istiadat,daerahasal,dan gender.

11.2     Bersikapsesuaidengannormaagama yangdianut,hukumdansosialyang berlakudalammasyarakat,dan kebudayaannasionalIndonesiayang beragam.

12.

Menampilkandirisebagai pribadiyangjujur,berakhlak

mulia,danteladanbagi

pesertadidikdanmasyarakat.

12.1    Berperilakujujur,tegas,danmanusiawi.

12.2     Berperilakuyangmencerminkan ketakwaandanakhlakmulia.

12.3     Berperilakuyangdapatditeladanoleh pesertadidikdananggotamasyarakatdi sekitarnya.

13.

Menampilkandirisebagai pribadiyangmantap,stabil,

dewasa,arif,danberwibawa.

13.1     Menampilkandirisebagaipribadiyang mantapdanstabil.

13.2    Menampilkandirisebagaipribadiyang

dewasa,arif,danberwibawa.

14.

Menunjukkanetoskerja, tanggungjawabyangtinggi, rasabanggamenjadiguru, danrasapercayadiri.

14.1     Menunjukkanetoskerjadantanggung jawabyangtinggi.

14.2     Banggamenjadigurudanpercayapada dirisendiri.

14.3    Bekerjamandirisecaraprofesional.

15.

Menjunjungtinggikodeetik profesiguru.

15.1    Memahamikodeetikprofesiguru.

15.2    Menerapkankodeetikprofesiguru.

15.3     Berperilakusesuaidengankodeetik profesiguru.

 

KompetensiSosial

16.

Bersikapinklusif,bertindak objektif,sertatidak

diskriminatifkarena pertimbanganjeniskelamin, agama,ras,kondisifisik,latar belakangkeluarga,danstatus sosialekonomi.

16.1      Bersikapinklusifdanobjektifterhadap pesertadidik,temansejawatdan

lingkungansekitardalammelaksanakan pembelajaran.

16.2     Tidakbersikapdiskriminatifterhadap pesertadidik,temansejawat,orangtua pesertadidikdanlingkungansekolah

karenaperbedaanagama,suku,jenis

kelamin,latarbelakangkeluarga,dan statussosial-ekonomi.

 

 

 

 

 

 

 

21


 

No.

KOMPETENSI INTI GURU

KOMPETENSIGURUMATAPELAJARAN

17.

Berkomunikasisecaraefektif, empatik,dansantundengan sesamapendidik,tenaga kependidikan,orangtua,dan

masyarakat.

17.1     Berkomunikasidengantemansejawat dankomunitasilmiahlainnyasecara santun,empatikdanefektif.

17.2     Berkomunikasidenganorangtuapeserta didikdanmasyarakatsecarasantun,

empatik,danefektiftentangprogram pembelajarandankemajuanpeserta didik.

17.3     Mengikutsertakanorangtuapesertadidik danmasyarakatdalamprogram pembelajarandandalammengatasi

kesulitanbelajarpesertadidik.

18.

Beradaptasiditempat bertugasdiseluruhwilayah RepublikIndonesiayang memilikikeragamansosial

budaya.

18.1     Beradaptasidenganlingkungantempat bekerjadalamrangkameningkatkan efektivitassebagaipendidik.

18.2     Melaksanakanberbagaiprogramdalam lingkungankerjauntukmengembangkan

danmeningkatkankualitaspendidikandi daerahyangbersangkutan.

19.

Berkomunikasidengan komunitasprofesisendiridan profesilainsecaralisandan

tulisanataubentuklain.

19.1     Berkomunikasidengantemansejawat, profesiilmiah,dankomunitasilmiah lainnyamelaluiberbagaimediadalam

rangkameningkatkankualitas

pembelajaran.

19.2     Mengkomunikasikanhasil-hasilinovasi pembelajarankepadakomunitasprofesi sendirisecaralisandantulisanmaupun bentuklain.

 

KompetensiProfesional

20.

Menguasaimateri,struktur, konsep,danpolapikir

keilmuanyangmendukung matapelajaranyangdiampu.

Jabarankompetensi Butir20untukmasing- masinggurumatapelajaran disajikan setelah tabelini.

21.

Menguasaistandar kompetensidankompetensi dasarmatapelajaranyang diampu.

21.1     Memahamistandarkompetensimata pelajaranyangdiampu.

21.2     Memahamikompetensidasarmata pelajaranyangdiampu.

21.3     Memahamitujuanpembelajaranyang diampu.

22.

Mengembangkanmateri pembelajaranyangdiampu secarakreatif.

22.1     Memilihmateripembelajaranyang diampusesuaidengantingkat perkembanganpesertadidik.

 

 

22.2     Mengolahmateripelajaranyangdiampu secarakreatifsesuaidengantingkat perkembanganpesertadidik.

 

 

 

22


 

No.

KOMPETENSI INTI GURU

KOMPETENSIGURUMATAPELAJARAN

 

 

 

23.

Mengembangkan keprofesionalansecara

berkelanjutandengan

melakukantindakanreflektif.

23.1     Melakukanrefleksiterhadapkinerja sendirisecaraterusmenerus.

23.2    Memanfaatkanhasilrefleksidalam

rangkapeningkatankeprofesionalan.

23.3     Melakukanpenelitiantindakankelas untukpeningkatankeprofesionalan.

23.4     Mengikutikemajuanzamandengan belajardariberbagaisumber.

24.

Memanfaatkanteknologi informasidankomunikasi

untukmengembangkandiri.

24.1     Memanfaatkanteknologiinformasidan komunikasidalamberkomunikasi.

24.2     Memanfaatkanteknologiinformasidan komunikasiuntukpengembangandiri.

 

 

 

KompetensiIntiGurubutir20untuksetiapgurumatapelajarandijabarkan sebagai berikut.

 

1.  Kompetensi  Guru  mata  pelajaran  Pendidikan  Agama  pada  SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA,SMK/MAK*

 

1.1  KompetensiGuruPendidikanAgamaIslam

 

    Menginterpretasikanmateri,struktur,konsep,danpolapikirilmu-ilmu yangrelevandenganpembelajaranPendidikanAgamaIslam.

    Menganalisismateri,struktur,konsep,danpolapikirilmu-ilmuyang relevandenganpembelajaranPendidikanAgamaIslam.

 

1.2  KompetensiGuruPendidikanAgamaKristen

 

    Menginterpretasikanmateri,struktur,konsep,danpolapikirilmu-ilmu yangrelevandenganpembelajaran PendidikanAgamaKristen.

    Menganalisismateri,struktur,konsep,danpolapikirilmu-ilmuyang relevan dengan pembelajaran PendidikanAgamaKristen.

 

 

 

1.3  Kompetensi GuruPendidikanAgamaKatolik

 

    Menginterpretasikanmateri,struktur,konsep,danpolapikirilmu-ilmu yangrelevandenganpembelajaranPendidikanAgamaKatolik.

    Menganalisismateri,struktur,konsep,danpolapikirilmu-ilmuyang relevan dengan pembelajaran PendidikanAgamaKatolik.


1.4  Kompetensi Guru Pendidikan Agama Hindu

 

    Menginterpretasikanmateri,struktur,konsep,danpolapikirilmu-ilmu yangrelevandenganpembelajaranPendidikan AgamaHindu.

    Menganalisismateri,struktur,konsep,danpolapikirilmu-ilmuyang relevandenganpembelajaranPendidikanAgamaHindu.

 

1.5KompetensiGuruPendidikanAgamaBuddha

 

    Menginterpretasikanmateri,struktur,konsep,danpolapikirilmu-ilmu yangrelevandenganpembelajaranPendidikanAgamaBuddha.

    Menganalisismateri,struktur,konsep,danpolapikirilmu-ilmuyang relevandenganpembelajaranPendidikanAgamaBuddha.

 

1.6KompetensiGuruPendidikanAgamaKonghucu

 

    Menginterpretasikanmateri,struktur,konsep,danpolapikirilmu-ilmu yangrelevandenganpembelajaran Pendidikan AgamaKonghucu.

    Menganalisismateri,struktur,konsep,danpolapikirilmu-ilmuyang relevan dengan pembelajaran PendidikanAgamaKonghucu.

 

2.   Kompetensi   Guru   mata   pelajaran   PKn   pada   SMP/MTs,   SMA/MA, SMK/MAK*

 

    Memahami  materi,  struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  keilmuan  yang mendukungmatapelajaranPendidikanKewarganegaraan.

    Memahami   substansi   Pendidikan   Kewarganegaraan   yang   meliputi pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge),nilai dansikap kewarganegaraan (civic disposition), dan ketrampilan kewarganegaraan (civic skills).

   Menunjukkanmanfaatmatapelajaran pendidikan kewarganegaraan.

 

3.KompetensiGurumatapelajaranSeniBudayapadaSD/MI,SMP/MTs, danSMA/MA,SMK/MAK*

 

    Menguasaimateri,struktur,konsep,danpolapikirkeilmuan(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukungpelaksanaanpembelajaranseni budaya (seni rupa,musik, tari, teater) dan keterampilan.

    Menganalisis  materi,  struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  ilmu-ilmu  yang relevandenganpembelajaranSeniBudaya.

 

 

4.KompetensiGurumatapelajaranPendidikanJasmani,Olahraga,dan

KesehatanpadaSD/MI,SMP/MTs,danSMA/MA,SMK/MAK*

 

    Menjelaskandimensifilosofispendidikanjasmanitermasuketikasebagai aturandanprofesi.


   Menjelaskanperspektifsejarahpendidikanjasmani.

   Menjelaskandimensi anatomimanusia,secara struktur dan fungsinya

   Menjelaskanaspekkinesiologidankinerjafisikmanusia.

   Menjelaskanaspekfisiologismanusiadanefekdarikinerjalatihan.

    Menjelaskanaspekpsikologipadakinerjamanusia,termasukmotivasi dan tujuan, kecemasan dan stress, serta persepsi diri.

   Menjelaskanaspeksosiologidalamkinerjadiri,termasukdinamikasosial;

etikadanperilakumoral,danbudaya,suku, dan perbedaan jenis kelamin.

    Menjelaskan  teori  perkembangan  gerak,  termasuk  aspek-aspek  yang mempengaruhinya.

    Menjelaskan  teori  belajar  gerak,  termasuk  keterampilan  dasar  dan kompleks dan hubungan timbal balik diantara domain kognitif, afektif dan psikomotorik.

 

5.  KompetensiGurumatapelajaranMatematikapadaSMP/MTs,SMA/MA, SMK/MAK*

 

    Menggunakanbilangan,hubungandiantarabilangan,berbagaisistem bilangan dan teori bilangan.

   Menggunakanpengukurandanpenaksiran.

   Menggunakanlogika matematika.

   Menggunakankonsep-konsepgeometri.

   Menggunakankonsep-konsepstatistikadanpeluang.

   Menggunakan pola dan fungsi.

   Menggunakankonsep-konsepaljabar.

   Menggunakankonsep-konsepkalkulusdangeometrianalitik.

   Menggunakankonsepdanprosesmatematikadiskrit.

   Menggunakantrigonometri.

   Menggunakan vektor dan matriks.

   Menjelaskansejarahdanfilsafatmatematika.

    Mampumenggunakanalatperaga,alatukur,alathitung,pirantilunak komputer, model matematika,danmodelstatistika.

 

 

 

6.   Mata   pelajaran   Teknologi   Informasi   dan   Komunikasi   (TIK)   pada

SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK*

 

   Mengoperasikankomputerpersonal dan periferalnya.

    Merakit,   menginstalasi,   men-setup,   memelihara   dan   melacak   serta memecahkanmasalah (troubleshooting)padakomputerpersonal.

    Melakukan    pemrograman    komputer    dengan    salah    satu    bahasa pemrogramanberorientasiobjek.

   Mengolahkata (word processing)dengankomputerpersonal.

    Mengolah  lembar  kerja  (spreadsheet)  dan  grafik  dengan  komputer personal.


    Mengelolapangkalandata(database)dengankomputerpersonalatau komputerserver.

    Membuatpresentasiinteraktifyangmemenuhikaidahkomunikasivisual daninterpersonal.

   Membuat media grafis dengan menggunakan perangkat lunak publikasi.

   Membuatdanmemeliharajaringankomputer(kabeldannirkabel).

   Membuatdanmemeliharasituslaman (web).

   Menggunakansaranatelekomunikasi (telephone,mobilephone,faximile).

    Membuatdanmenggunakanmediakomunikasi,termasukpemrosesan gambar,audiodanvideo.

    Menggunakan  teknologi  informasi  dan  komunikasi  dalam  disiplin  atau materipembelajaranlaindan sebagaimediakomunikasi.

    Mendesain   dan   mengelola   lingkungan   pembelajaran/sumber   daya denganmemperhatikanstandarkesehatandankeselamatan.

    Mengoperasikan   perangkat   keras   dan   perangkat   lunak   pendukung pembelajaran.

    MemahamiEULA(EndUserLicenceAgreement)danketerbatasanserta keluasanpenggunaanperangkatlunak  secaralegal.

 

 

 

7. Kompetensi Guru mata pelajaran IPA pada SMP/MTs

 

    Memahami  konsep-konsep,  hukum-hukum,  dan  teori-teori  IPA    serta penerapannyasecarafleksibel.

    Memahami  proses  berpikir  IPA  dalam  mempelajari  proses  dan  gejala alam

    Menggunakanbahasasimbolikdalammendeskripsikanprosesdangejala alam.

   MemahamihubunganantarberbagaicabangIPA,danhubunganIPA

denganmatematikadanteknologi.

    Bernalarsecara  kualitatifmaupunkuantitatif   tentangprosesdanhukum alam sederhana.

 

    Menerapkankonsep,hukum,danteoriIPAuntukmenjelaskanberbagai fenomenaalam.

    Menjelaskan  penerapan  hukum-hukum  IPA  dalam  teknologi  terutama yangdapatditemukandalamkehidupansehari-hari.

   Memahami lingkup dan kedalaman  IPA sekolah.

   KreatifdaninovatifdalampenerapandanpengembanganIPA.

    Menguasaiprinsip-prinsipdanteori-teoripengelolaandankeselamatan kerja/belajardilaboratoriumIPAsekolah.

    Menggunakanalat-alatukur,alatperaga,alathitung,danpirantilunak komputeruntukmeningkatkanpembelajaran  IPA di kelas, laboratorium.

    Merancang   eksperimen   IPA   untuk   keperluan   pembelajaran      atau penelitian


   MelaksanakaneksperimenIPAdengancarayangbenar.

    Memahami   sejarah   perkembangan   IPA   dan   pikiran-pikiran   yang mendasari  perkembangantersebut.

 

 

 

8.  Kompetensi Guru Mata pelajaranBiologipadaSMA/MA,SMK/MAK*

 

    Memahamikonsep-konsep,hukum-hukum,danteori-teoribiologiserta penerapannyasecarafleksibel.

    Memahamiprosesberpikirbiologidalammempelajariprosesdangejala alam.

    Menggunakanbahasasimbolikdalammendeskripsikanprosesdangejala alam/biologi.

   Memahamistruktur(termasukhubunganfungsionalantarkonsep)ilmu

Biologidanilmu-ilmulainyangterkait.

    Bernalarsecara  kualitatifmaupunkuantitatif   tentangprosesdanhukum biologi.

    Menerapkankonsep,   hukum,danteorifisika     kimiadanmatematika untukmenjelaskan/mendeskripsikan fenomena biologi.

    Menjelaskan  penerapan  hukum-hukum  biologi  dalam  teknologi  yang terkait dengan biologi terutama yangdapatditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

   Memahami lingkup dan kedalaman  biologi sekolah.

    Kreatifdaninovatifdalampenerapandanpengembanganbidangilmu biologidanilmu-ilmu   yangterkait.

    Menguasaiprinsip-prinsipdanteori-teoripengelolaandankeselamatan kerja/belajardilaboratoriumbiologisekolah.

    Menggunakanalat-alatukur,alatperaga,alathitung,danpirantilunak komputer   untuk   meningkatkan   pembelajaran       biologi   di   kelas, laboratoriumdanlapangan.

    Merancang  eksperiment  biologi  untuk  keperluan  pembelajaran  atau penelitian.

   Melaksanakaneksperimentbiologidengancarayangbenar.

    MemahamisejarahperkembanganIPApadaumumnyakhusunyabiologi danpikiran-pikiranyangmendasari  perkembangantersebut.

 

 

 

9.  Kompetensi Guru mata pelajaranFisikapadaSMA/MA,SMK/MAK*

 

    Memahami  konsep-konsep,  hukum-hukum,  dan  teori-teori  fisika  serta penerapannyasecarafleksibel.

    Memahamiprosesberpikirfisikadalammempelajariprosesdangejala alam.

    Menggunakanbahasasimbolikdalammendeskripsikanprosesdangejala alam.

   Memahamistruktur(termasukhubunganfungsionalantarkonsep)ilmu

Fisikadanilmu-ilmulainyangterkait.


    Bernalarsecara  kualitatifmaupunkuantitatif   tentangprosesdanhukum fisika.

    Menerapkan   konsep,   hukum,   dan   teori   fisika   untuk   menjelaskan fenomenabiologi,dankimia.

    Menjelaskanpenerapanhukum-hukumfisikadalamteknologiterutama yangdapatditemukandalamkehidupansehari-hari.

   Memahami lingkup dan kedalaman  fisika sekolah.

    Kreatifdaninovatifdalampenerapandanpengembanganbidangilmu fisikadanilmu-ilmu   yangterkait.

    Menguasaiprinsip-prinsipdanteori-teoripengelolaandankeselamatan kerja/belajardilaboratoriumfisikasekolah.

    Menggunakanalat-alatukur,alatperaga,alathitung,danpirantilunak komputer untuk meningkatkan pembelajaran  fisika di kelas, laboratorium, danlapangan.

    Merancang   eksperimen   fisika   untuk   keperluan   pembelajaran   atau penelitian.

   Melaksanakaneksperimenfisikadengancara yangbenar.

    MemahamisejarahperkembanganIPApadaumumnyakhususnyafisika danpikiran-pikiranyangmendasari  perkembangantersebut.

 

 

 

10.  KompetensiGuru matapelajaranKimiapadaSMA/MA,SMK/MAK*

 

    Memahami  konsep-konsep,  hukumhukum,  dan  teori-teori  kimia  yang meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secarafleksibel.

    Memahamiprosesberpikirkimiadalammempelajariprosesdangejala alam.

    Menggunakanbahasasimbolikdalammendeskripsikanprosesdangejala alam/kimia.

   Memahamistruktur(termasukhubunganfungsionalantarkonsep)ilmu

Kimiadanilmu-ilmulainyangterkait.

    Bernalarsecara  kualitatifmaupunkuantitatif   tentangprosesdanhukum kimia.

    Menerapkan  konsep,    hukum,  dan  teori  fisika  dan  matematika  untuk menjelaskan/mendeskripsikanfenomenakimia.

    Menjelaskanpenerapanhukum-hukumkimiadalamteknologiyangterkait dengan kimia terutama yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari- hari.

   Memahami lingkup dan kedalaman  kimia sekolah.

    Kreatifdaninovatifdalampenerapandanpengembanganbidangilmu yangterkaitdenganmatapelajarankimia.

    Menguasaiprinsip-prinsipdanteori-teoripengelolaandankeselamatan kerja/belajardilaboratoriumkimiasekolah.

    Menggunakanalat-alatukur,alatperaga,alathitung,danpirantilunak komputer untuk meningkatkan pembelajaran  kimia di kelas, laboratorium danlapangan.


    Merancang   eksperiment   kimia   untuk   keperluan   pembelajaran   atau penelitian.

   Melaksanakaneksperimentkimia dengan cara yang benar.

    MemahamisejarahperkembanganIPApadaumumnyakhusunyakimia dan pikiran-pikiran yang mendasari  perkembangan tersebut.

 

 

 

11.  KompetensiGurumatapelajaranIlmuPengetahuanSosial(IPS)pada

SMP/MTs

 

   Menguasaimateri,struktur,konsep,danpolapikirmatapelajaranIPS

baik dalam lingkup lokal, nasional,maupunglobal.

   Membedakan struktur keilmuanIPS dengan Ilmu-ilmu Sosial.

   Menguasai konsep dan pola pikir keilmuan dalam bidang IPS.

   MenunjukkanmanfaatmatapelajaranIPS.

 

 

 

12.  KompetensiGurumatapelajaran Ekonomi pada SMA/MA, SMK/MAK*

 

    Memahami  materi,  struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  keilmuan  yang mendukungmatapelajaranEkonomi.

   Membedakan pendekatan-pendekatanEkonomi.

   MenunjukkanmanfaatmatapelajaranEkonomi.

 

 

 

13.  KompetensiGuru matapelajaranSosiologipada SMA/MA,SMK/MAK*

 

    Memahamimateri,struktur,danpolapikirkeilmuanyangmendukung matapelajaranSosiologi.

   Memahami angkah-langkahkerjailmuwansosial.

   MenunjukkanmanfaatmatapelajaranSosioligi.

 

 

 

14.    Kompetensi   Guru   mata   pelajaran   Antropologi   pada   SMA/MA, SMK/MAK*

 

    Memahami  materi,  struktur,  dan  konsep  pola  pikir  keilmuan  yang mendukungmatapelajaranAntropologi.

   Membedakanjenis-jenisAntropologi.

   Menunjukkanmanfaatmata pelajaran Antropologi.

 

 

 

15.  KompetensiGurumatapelajaran Geogafi pada SMA/MA, SMK/MAK*

 

   Menguasaihakikatstrukturkeilmuan,ruanglingkup,danobjekgeografi.

   Membedakanpendekatan-pendekatangeografi.


   Menguasaimaterigeografisecaraluasdanmendalam

   Menunjukkanmanfaatmata pelajaran geografi

 

 

 

16.  KompetensiGurumatapelajaran Sejarah pada SMA/MA, SMK/MAK*

 

   Menguasaihakikatstrukturkeilmuan, ruanglingkup,danobjekSejarah.

   Membedakanpendekatan-pendekatanSejarah.

   MenguasaimateriSejarahsecaraluasdanmendalam.

   MenunjukkanmanfaatmatapelajaranSejarah.

 

 

 

17.KompetensiGurumatapelajaranBahasaIndonesiapadaSMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK*

 

    Memahami  konsep,  teori,  dan  materi  berbagai  aliran  linguistik  yang terkaitdenganpengembanganmateripembelajaranbahasa.

   Memahamihakekatbahasadanpemerolehanbahasa.

   Memahamikedudukan,fungsi,danragambahasaIndonesia.

    Menguasai  kaidah  bahasa  Indonesia  sebagai  rujukan  penggunaan bahasaIndonesiayangbaikdanbenar.

   MemahamiteoridangenresastraIndonesia.

   Mengapresiasikaryasastrasecarareseptifdanproduktif.

 

 

 

18.KompetensiGurumatapelajaranBahasaAsing

 

18.1.  Kompetensi  Guru  Bahasa  Inggris  pada  SD/MI,  SMP/MTs,  dan

SMA/MA, SMK/MAK*

 

    Memilikipengetahuantentangberbagaiaspekkebahasaandalam bahasa  Inggris(linguistik,wacana,sosiolinguistik,danstrategis).

    MenguasaibahasaInggrislisandantulis,reseptifdanproduktif dalamsegalaaspek komunikatifnya(linguistik,wacana, sosiolinguistik,danstrategis).

 

18.2.KompetensiGuruBahasaArabpadaSMA/MA,SMK/MAK*

 

    Memilikipengetahuantentangberbagaiaspekkebahasaandalam bahasaArab(linguistik,wacana,sosiolinguistik,danstrategis).

    Menguasai  bahasa  Arab  lisan  dan  tulis,  reseptif  dan  produktif dalam          segala    aspek    komunikatifnya    (linguistik,    wacana, sosiolinguistik,danstrategis).

 

18.3.KompetensiGuruBahasaJermanpadaSMA/MA,SMK/MAK*

 

    Memilikipengetahuantentangberbagaiaspekkebahasaandalam bahasaJerman(linguistik,wacana,sosiolinguistik,danstrategis).


    MenguasaibahasaJermanlisandantulis,reseptifdanproduktif dalam            segala    aspek    komunikatifnya    (linguistik,    wacana, sosiolinguistik,danstrategis).

 

18.4.KompetensiGuruBahasaPerancispadaSMA/MA,SMK/MAK*

 

    Memilikipengetahuantentangberbagaiaspekkebahasaandalam bahasaPerancis(linguistik,wacana, sosiolinguistik,danstrategis).

    MenguasaibahasaPerancislisandantulis,reseptifdanproduktif dalam            segala    aspek    komunikatifnya    (linguistik,    wacana, sosiolinguistik,danstrategis).

 

18.5.KompetensiGuruBahasaJepangpadaSMA/MA,SMK/MAK*

 

    Memilikipengetahuantentangberbagaiaspekkebahasaandalam bahasaJepang(linguistik,wacana,sosiolinguistik,danstrategis).

    MenguasaibahasaJepanglisandantulis,reseptifdanproduktif dalam            segala    aspek    komunikatifnya    (linguistik,    wacana, sosiolinguistik,danstrategis).

 

18.6.KompetensiGuruBahasaMandarinpadaSMA/MA,SMK/MAK*

 

    Memilikipengetahuantentangberbagaiaspekkebahasaandalam bahasaMandarin(linguistik,wacana, sosiolinguistik,danstrategis).

    MenguasaibahasaMandarinlisandantulis,reseptifdanproduktif dalamsegala    aspek    komunikatifnya    (linguistik,    wacana, sosiolinguistik,danstrategis).

 

MENTERIPENDIDIKANNASIONAL, TTD.

BAMBANGSUDIBYO

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s