PEDOMAN KEGIATAN PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 OLEH PENGAWAS SEKOLAH

 

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan dukungan tim pengembang materi berhasil menyusun Pedoman Penyelenggaraan Kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013. Kegiatan pendampingan implementasi kurikulum 2013 di tingkat satuan pendidikan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 secara keseluruhan.

 

Pedoman ini memberikan acuan umum kepada semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan pendampingan implementasi kurikulum 2013, agar terarah sesuai dengan konsep dan nilai historis perubahan kurikulum 2013 yang berlaku secara nasional.  Bagi pengawas sekolah pedoman ini juga akan menjadi panduan teknis dalam pelaksanaan pendamingan kepada kepala sekolah dan guru binaannya.

 

Di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2010-2014 dijelaskan bahwa berdasarkan hasil evaluasi kurikulum yang dilakukan oleh Pusat Kurikulum dan Buku (Puskurbuk) menunjukkan perlu ada penataan kembali kurikulum yang diterapkan saat ini. Atas dasar itu, Pemerintah Republik Indonesia pada bulan Juli tahun ajaran 2013-2014mencanangkan akan memberlakukanKurikulum 2013secara terbatas yang merupakan hasil dari penyempurnaan kurikulum sebelumnya. Hal ini dipertegas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui kebijakannya, bahwa Kurikulum 2013 diharapkan dapat menghasilkan insan indonesia yangproduktif, kreatif, inovatif, afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. Dengan demikian, Kurikulum 2013 diharapkan dapat mengatasi kelemahan-kelemahan yang ada pada kurikulum sebelumnya.

 

Langkah awal yang perlu dilakukan dalam rangka persiapan implementasi Kurikulum 2013 adalah melakukan Diklat Implementasi Kurikulum 2013 kepada seluruh unsur pendidikan, dalam hal ini pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah serta unsur-unsur lain yang terlibat langsung dalam proses pendidikan. Salah satu strategi untuk memahami Kurikulum 2013, yaitu melalui Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Implementasi Kurikulum2013 yang diperuntukkan bagi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.Selainitu, hal yang sama juga akan dilakukan terhadapGuru. Di dalam Teori Kurikulum dijelaskan bahwa keberhasilan suatu kurikulum merupakan proses panjang, mulai dari kristalisasi berbagai gagasan dan konsep ideal tentang pendidikan, perumusan desain kurikulum, persiapan pendidik dan tenaga kependidikan, serta sarana dan prasarana, tata kelola pelaksanaan kurikulum, termasuk pembelajaran, dan penilaian pembelajaran, (Anita Lie, 2012).

 

Atas dasar itu, diklat Implementasi Kurikulum 2013 menjadi langkah awal yang sangat penting untuk mempercepat pemahaman dan keterampilan dalam mengimplementasikan kurikulum tersebut. Untuk memelihara dan meningkatkan kesinambungan pemahaman dan implementasi kurikulum 2013 di masing-masing satuan pendidikan, diprogramkan kegiatan pendampingan untuk para guru dan kepala sekolah. Program pendampingan ini dilakukan sebagai penguatan dalam memahami konsep kurikulum 2013 berikut perubahannya di lapangan serta untuk membantumengatasi berbagai kendala yang muncul pada saat implementasi kurikulum tersebut di sekolah.

 

Mengingat pentingnya programpendampingan implementasi kurikulum 2013 bagi para guru dan kepala sekolah, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyusun Pedoman PenyelenggaraanKegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 untuk menyeleraskan persepsi dan langkah  yang telah disepakati bersama dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut.Pedoman ini menjadi acuan bagi  tim pendamping  agar  pelaksanaan kurikulum sesui dengan kebijakan yang ditetapkan

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

Lampiran 1

:

Sistematika Laporan Penyelenggaraan PendampinganImplementasi Kurikulum 2013

Lampiran 2

:

Instrumen Analisis Materi Ajar Mata Pelajaran-Buku Guru

Lampiran 3

:

Instrumen Analisis Materi Ajar Tematik-Buku Guru

Lampiran 4

 

Instrumen Analisis Materi Ajar Mata Pelajaran-Buku Siswa

Lampiran 5

 

Instrumen Analisis Materi Ajar Tematik-Buku Siswa

Lampiran 6

 

Rubrik Penilaian Analisis Buku Guru/Siswa

Lampiran 7

 

Instrumen Penilaian RPP

Lampiran 8

 

Rubrik Penilaian RPP

Lampiran 9

 

Instrumen Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran

Lampiran 10

 

Rubrik Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran

Lampiran 11

 

Instrumen Analisis SKL, KI, dan KD (SMA)

Lampiran 12

 

Instrumen Analisis SKL, KI, dan KD

Lampiran 13

 

Rubrik Analisis SKL, KI, dan KD

Lampiran14

 

Rubrik keterlaksanaan kurikulum 2013 di SD/SMP/SMA/SMK

Lampiran 15

 

 

Format Penilaian Keterlaksanaan Pengelolaan Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar

 

 

Pusbang Tendik

Komplek Kemdikbud Gedung D Lantai 17

Jl. Jenderal Sudirman Pintu 1 Senayan Jakarta Pusat, 10270

Telp./Fax. (021) 57946110

Kampus Pusbang Tendik

Jln. Raya Cinangka Km. 19 Bojongsari,  Depok, 16517

Telp. (021) 7490411, Faks.  (021) 7491174

Website:http://www.tendik.kemdiknas.go.id

email : diklattendik@gmail.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

isti

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu mati kelaparan

Dinas Dikpora Kab. Dompu

Ikhlas Mendidik Untuk Martabat Bangsa dan Negara

LaDIYfest Sheffield

2015 - NOW ORGANISING!

Architecture Here and There

Style Wars: classicsm vs. modernism

Vox Populi

Vox Populi: A Public Sphere for Politics and Poetry

Stories From the Belly

A Blog About the Female Body and Its Appetites (& Other Stories ) by Diahann Reyes

mywordpool

"Words - so innocent and powerless as they are, as standing in a dictionary, how potent for good and evil they become in the hands of one who knows how to combine them." ~Nathaniel Hawthorne

Whatever

DEARLY BELOVED, WE ARE GATHERED HERE TODAY TO GET THROUGH THIS THING CALLED LIFE

Fusion

Championing a young, diverse, and inclusive America with a unique mix of smart and irreverent original reporting, lifestyle, and comedic content.

rachel eats

stories, pictures and cooking tales from an english woman living in rome.

y

what it comes down to

tangerine drawings

scribbles and recipes from a pastry chef in paris

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Gravity and Levity

A blog about the big ideas in physics, plus a few other things

love.life.eat

living a mindful life

Litmus 2015

Writers on the MA Creative & Critical Writing and MA Writing for Children students at the University of Winchester share information about their writing lives. Read about our anthology, published in May 2015, the Winchester Reading Series and Winchester Writers' Festival.

Mummy Spits the Dummy

I was once a paragon of parenting. Then I had kids and ruined it.

The Wandering Nomads

Two bikes, one life, and the whole world to see

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 5.006 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: