SOSIALISASI ANGKA KREDIT GURU DAN PENGAWAS DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA

Perbedaan-perbedaan yang ada:

 

Guru    :    1.  Guru  Kelas

                 2.  Guru Mata Pelajaran       84/1993 lanjut dengan Penetapan

                 3.  Guru Praktek                   Permendiknas No. 025/0/1995

                 4.  Guru Pembimbing

 

Guru    :    1.  Guru  Kelas

                 2.  Guru Mata Pelajaran                                               03/V/PB/201

                 3.  Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor              14 tahun 2010

                

Penilaian Kinerja:

Penilaian dari setiap butir kegiatan

Tugas guru

 

84/1993

38/2010

IIa – Guru Pertama – Pengatur Muda

IIb – Guru Pertama Tk. I – Pengatur Muda Tk I

IIc – Guru Muda – Pengatur

IId – Guru Tk. I – Pengatur Tk. I

IIIa – Guru Muda – Penata Muda

IIIb – Guru Madya – Penata Muda Tk. I

IIIa – Guru Pertama – Penata Muda

IIIb – Guru Pertama – Penata Muda Tk. I

IIIc – Guru Dewasa – Penata

IIId – Guru Dewasa Tk. I – Penata Tk. I

IIIc – Guru Muda – Penata Muda

IIId – Guru Muda – Penata Tk. I

IVa – Guru Pembina – Pembina

IVb – Guru Pembina Tk. I – Pembina Tk. I

IVa – Guru Madya – Pembina

IVb – Guru Madya – Pembina Tk. I

IVc – Guru Utama Muda – Pembina Utama Muda

IVd – Guru Utama Madya – Pembina Madya

IVc – Guru Madya – Pembina Utama Muda

IVd – Guru Utama – Pembina utama Madya

IVe – Guru Utama – Pembina Utama

IVe – Guru Utama – Pembina Utama

 

Tugas Guru: 7

1) Mendidik, 2) mengajar, 3) membimbing, 4) mengarahkan, 5) melatih, 6) menilai, 7) mengevaluasi.

 

 

 

Setiap usul harus berisi:

1.      Surat pernyataan melaksanakan tugas pembelajaran/pembimbingan dan tugas tertentu.

2.      Surat pernyataan melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

3.      Surat pernyataan melakukan kegiatan penunjang tugas guru

+ dengan bukti fisik

 

Unsur-unsur:

1.  Utama        :    a.  Pendidikan

                            b.  Pembelajaran pembimbingan, tugas tambahan dan tugas lain yang relevan

                            c.  Pengembangan keprofesian berkelanjutan

 

2.  Penunjang  :    a.  Ijazah (yang tidak sesuai dengan bidang yang diampu)

                            b.  Penghargaan/tanda jasa

                            c.  Kegiatan yang mendukung tugas guru

                                 –    Membimbing siswa praktek kerja nyata, ekstrakurikuler

                                 –    Organisasi profesi/pramuka, dll

                                 –    Tim penilai angka kredit

                                 –    Tutor/pelatih/instruktur

 

Rincian Angka Kredit 2010 (Pasal 3 (ayat 4)

          Dikembalikan pada keputusan tahun sebelumnya yaitu No. 16 tahun 2009.

 

Pasal 42 (No. 03/V/PB/2010 dan 14 tahun 2010)

Peraturan bersama ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan dan berlaku efektif pada tanggal 1 Januari 2013.

 

PAK dikirim ke:

1.      Guru ybs

2.      Sekretaris Tim Penilai Guru

3.      Kepala Biro Kepegawaian Daerah/Instransi ybs

4.      Pejabat Pengusul Angka Kredit

5.      Pejabat lain yang dianggap perlu

6.      Kepala BKD/Kepala Kantor Regional BKN ybs (Pasal 8)

 

 

Penilaian dilakukan 2x 1 tahun yaitu:

1.      Yang April PAK sudah ditetapkan paling lambat Januari tahun yang bersangkutan.

2.      Yang Oktober – paling lambat Juli tahun yang bersangkutan.

 

Yang menetapkan AK/kepada berkelanjutan

Bisa ditetapkan oleh pejabat lain satu tingkat di bawahnya setelah mendapat delegasi atasannya.

 

Anggota Tim Penilai

Harus lulus pendidikan dan pelatihan calon Tim Penilai dan mendapat sertifikat (Pasal 10 (2)).

 

Masa Jabatan Tim:

          3 tahun dan dapat diangkat kembali untuk  masa jabatan selanjutnya. Hanya 2x masa jabatan.

          Bisa dipilih setelah 2x dengan harus bersertifikat selama 1x jabatan.

          Ketua Tim dapat mengangkat anggota Tim sebagai pengganti bila berhalangan yang disuruh menilai.

 

Tim Penilai:

          7 orang (pasal 10 (7))

          Ketua merangkap anggota dari unsur teknis

          Wakil ketua merangkap anggota

          Sekretaris merangkap anggota dari unsur kepegawaian

          Paling kurang 4 orang anggota (paling kurang 2 dari pejabat 1 orang fungsional)

 

Pasal 11 (ayat 10)

Tim penilai belum terbentuk:

          Boleh ke provinsi

          Boleh ke provinsi lain yang terdekat

 

Pembantuan Tim

Oleh Sekretariat dipimpin seorang Sekretaris yang bertanggung jawab dibidang kepegawaian.

 

 

 

Boleh naik pangkat: Pasal 15 (1)

          PAK 1 tahun paling singkat

          Dapat memenuhi angka kredit yang disyaratkan

          DP3 paling kurang baik dalam 1 tahun terakhir

 

Kenaikan Pangkat (pasal 16)

          Boleh 2 tahun

          Memenuhi angka kredit

          DP3 minimal baik 2 tahun terakhir

 

Yang menetapkan kenaikan pangkat

          IVb – IVc

          IVc – IVd    → Presiden

          IVd – IVe

 

Unsur-unsur:

1.      90% dari unsur utama tidak boleh kurang

2.      10% dari unsur penunjang

Selanjutnya lihat halaman 21

 

 

IIIa – IIIb      3 sub unsur pengembangan diri

IIIb – IIIc      4     –    Karya ilmiah publikasi ilmiah

                      3     –    Pengembangan diri

IIIc – IIId     6     –    Karya ilmiah

                      3     –    Pengembangan diri

IIId – IVa     8     –    Karya ilmiah

                      4     –    Pengembangan diri

IVa – IVb      12   –    Karya ilmiah

                      4     –    Pengembangan diri

IVb – IVc      12   –    Karya ilmiah

                      4     –    Pengembangan diri

IVc – IVd     14   –    Karya ilmiah

                      5     –    Pengembangan diri

IVd – IVe     20   –    Karya ilmiah

                      5     –    Pengembangan diri

IVc – IV d    Wajib melaksanakan presentasi ilmiah

 

Kelebihan Angka Kredit

Diperhitungkan pada kenaikan pangkat berikutnya.

 

Paket Kerja:

1.      Pembelajaran:

·         Perencanaan

·         Pelaksanaan pembelajaran

·         Evaluasi

·         Penilaian

·         Analisis hasil penilaian

·         Pelaksanaan tindak lanjut

2.      Pembimbingan:

·         Perencanaan

·         Pelaksanaan pembimbingan

·         Evaluasi

·         Penilaian hasil pembimbingan

·         Analisis hasil pembimbingan

·         Pelaksanaan tindak lanjut

3.      Tugas lain:

·         Sebagai Kepala Sekolah

·         Sebagai Wakil Kepala Sekolah

·         Kaprog

·         Kepala Perpustakaan, Lab, Bengkel, Unit Produksi atau yang sejenisnya

·         Pembimbingan khusus/program inklusi, pendidikan terpadu

·         Wali Kelas, menyusun Kurikulum

·         Mengawas Ebta, Ujian

·         Membimbing guru pemula

·         Extra, membimbing karya ilmiah

·         Membimbing kelas (khusus guru kelas)

 

Paket Kerja Guru:

24 jam – 40 jam tatap muka, dibuat guru yang bersangkutan ditetapkan oleh Kepala Sekolah.

Paket Kerja Kepala Sekolah:

6 jam tatap muka, dibuat Kepala Kepala Sekolah, ditetapkan oleh Pengawas Sekolah.

Penilaian:

          Guru oleh Kepala Sekolah

          Kepala Sekolah oleh Pengawas Sekolah (Pasal 22 ayat 2)

          Berdasar Paket Kerja di atas

 

Guru Bimbingan:

Paling sedikit 150 siswa, paling banyak 250 siswa per tahun.

 

Kriteria Penilaian:

91 – 100          Amat baik 125%

Setiap tahun setelah dikurangi pengembangan profesi penunjang pada setiap jenjang

76 – 90            Baik 100%

61 – 75            Cukup 75%

51 – 60            Sedang 50%

50 kebawah     Kurang 25%

 

Sanksi:

 

 

 

 

v  Publikasi Ilmiah:

1.      Karya-karya ilmiah + gagasan inovatif

2.      Publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan dan pedoman guru

v  Pengembangan Diri:

1.      Diklat-diklat fungsional

2.      Kegiatan-kegiatan kelektif guru untuk peningkatan kompetensi/atau keprofesian guru (cara yang baik: mendidik, mengajar, dst, merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dst, pengembangan kompetensi)

v  Karya Inovatif:

1.      Teknologi tepat guna

2.      Karya seni

3.      Modifikasi alat pelajaran/peraga/praktikum

4.      Penyusunan standar, pedoman, soal, dll

v  Buku Pengayaan:

Sama dengan buku teks, tetapi menyangkut remedial dan pengayaan.

v  Pedoman Guru:

 

BUNYI-BUNYI YANG SAMA (1993 – 2010)

 

1.      Jabatan fungsional guru – sama

2.      Definisi guru: pendidik profesional dengan tugas utama: 1) mendidik, 2) mengajar, 3) membimbing, 4) mengarahkan, 5) melatih, 6) menilai, 7) mengevaluasi

          Menilai – memberi nilai

         

Webster’S New American Dictionary

Mengevaluasi –    menilai: kegunaan

                            Mencocokan : kecocokan dengan tujuan

                            dengan: keberartian                                          

3.      Penilaian paling sedikit 1x dalam setahun

4.      Kewenangan guru: menetapkan materi, metode, media, alat penilaian, alat evaluasi

5.      Tanggung jawab guru: menyelesaikan tugas utama dan tugas tambahan

6.      Kewajiban guru:

1)      Membuat perencanaan, pelaksanaan, penilaian, evaluasi, membuat program remedial dan pengayaan dan melaksanakannya (ini nanti pada pelatihan selama 7 angkatan Bulan Mei mendatang)

2)      Meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi (Kepala Sekolah meng-SK kan untuk seminar-seminar ilmiah di sekolah)

3)      Objektif dan tidak diskriminatif

4)      Wajib menjunjung peraturan-peraturan yang ada, misalnya: Permen-Permen, dsb.

5)      Memelihara persatuan dan kesatuan bangsa

7.      Jumlah angka kredit, .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BUNYI-BUNYI YANG BEDA

 

 

 

Lama

1993

Baru

2010

1.

Jenis Guru

(lihat di kertas lain)

 

 

2.

Penilaian

Penilaian Prestasi Guru

Penilaian Kinerja Guru

 

3.

Jenjang Kepangkatan Guru

(lihat di kertas lain)

 

 

 

4.

Guru Teladan

(1993)

 

 

5.

Jumlah Tim Penilaian

(tidak ditetapkan)

7 orang

 

6.

Lama

Karena semua masih dibawah provinsi alurnya ke provinsi

 

 

Baru

Alurnya di kabupaten, tapi kalau belum punya Tim Penilai, boleh minta pada tim penilai provinsi.

 

 

Pelatihan dan sertifikat Tim Penilai akan diupayakan oleh Provinsi pada pelatihan Tim Penilai mendatang

 

7.

Lama

Tidak diharuskan Tim Penilai bersertifikat, boleh asal ditunjuk oleh Kepala Dinas.

 

 

Baru

Ditentukan harus lulus pelatihan dan memperoleh ijasah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s