Uji Validitas Isi (Content Validity) Tes Prestasi Belajar

Sebelum alat ukur atau instrumen diujicobakan kepada responden, item-item tes yang sudah disusun berdasarkan kisi-kisi tes prestasi belajar Sejarah terlebih dahulu dikonsultasikan kepada para pakar untuk dilakukan penilaian. Terhadap tes prestasi belajar Sejarah yang telah disusun ini, penilaian dilakukan oleh dua orang pakar (expert judges), yaitu dua orang dalam bidang sejarah. Penilaian ini dilakukan untuk menentukan validitas isi (content validity) dari tes prestasi belajar Sejarah yang telah disusun. Validitas isi adalah validitas yang ditentukan oleh derajat representativitas item-item tes/kuesioner yang disusun telah mewakili keseluruhan materi yang hendak diukur tersebut. Untuk menentukan koefisien validitas ini, hasil penilaian dari kedua pakar dimasukkan ke dalam tabulasi silang (2×2) yang terdiri dari kolom A, B, C, dan D. Kolom A adalah sel yang menunjukkan ketidaksetujuan antara kedua penilai. Kolom B dan C adalah sel yang menunjukkan perbedaan pandangan antara penilai pertama dan kedua (penilai pertama setuju, penilai kedua tidak setuju, atau sebaliknya). Kolom D adalah sel yang menunjukkan persetujuan yang valid antara kedua penilai (judges). Validitas isi adalah kolom D dibagi dengan A+B+C+D (Gregory, 2000: 97-98).

Validitas Isi Hasil Penilaian Rater

1. Nama dan Kualifikasi Rater

Tes prestasi belajar Sejarah, diperiksa atau dinilai oleh dua orang pakar, yaitu dua orang dalam bidang Sejarah, seperti tercantum pada tabel berikut.

Nomor Penilai Nama Penilai dan Jabatan Spesialisasi/Keahlian
Penilai 1

Drs. I Nyoman Suprapta, M.Pd.

Dosen Jurusan Pendidikan

Sejarah Unipas Singaraja

Pendidikan Sejarah
Penilai 2 Ni Ketut Widiartini, S.Pd., M.Pd.Dosen Jurusan PKK Undiksha Singaraja PEP

 

 

 

 

2. Tabulasi Data Hasil Penilaian Rater

Tabel Data Hasil Penilaian Rater

Jenis Tes

Rater 1

Rater 2

SR

KR

SR

KR

Skor

Skor

Skor

Skor

3

4

1

2

3

4

1

2

Tes Prestasi Belajar Sejarah

10

28

0

2

9

30

0

1

Keterangan:

SR = sangat relevan (skor: 3 atau 4)

KR = kurang relevan (skor: 1 atau 2)

Rater 1: menilai kurang relevan untuk item nomor 4 dan 5 tes prestasi belajar Sejarah.

Rater 2: menilai kurang relevan untuk item nomor 5 tes prestasi belajar Sejarah.

3. Cara Menghitung Validitas Isi

Untuk menghitung validitas isi, digunakan rumus:

VI = D/(A+B+C+D)

Keterangan:

VI            =   validitas isi

A             =   sel yang menunjukkan ketidaksetujuan antara kedua penilai

B dan C   =   sel yang menunjukkan perbedaan pandangan antara penilai pertama dan kedua (penilai pertama setuju (sangat relevan), penilai kedua tidak setuju (kurang relevan), atau sebaliknya.

D             =   sel yang menunjukkan persetujuan yang valid antara kedua penilai

Selanjutnya, hasil penilaian kedua rater tersebut dimasukkan ke dalam tabulasi silang (two-by-two) sebagai berikut.

  1. a.      Validitas isi tes prestasi belajar.
Tabulasi Silang 2×2

Penilai 1

Kurang Relevan(skor 1-2) Sangat Relevan(skor 3-4)
 Penilai 2 Kurang Relevan(skor 1-2)

(A)

1

(B)

0

  Sangat Relevan(skor 3-4)

(C)

1

(D)

38

VI = D/(A+B+C+D)

= 38/(1+0+1+38)

= 0,95

Dengan demikian, koefisien validitas isi untuk tes prestasi belajar Sejarah = 0,95.

 

Simpulan: Oleh karena koefisien validitas isi (KVI) yang diperoleh melalui perhitungan lebih besar daripada KVI yang dipersyaratkan oleh Erwin (2001) atau 0,95 > 0,90, maka tes prestasi belajar sejarah ini dapat diujicobakan lebih lanjut

4 thoughts on “Uji Validitas Isi (Content Validity) Tes Prestasi Belajar

  1. Graziani berkata:

    gan mw tanya setelah dilakukan uji validitas konten lalu bagaimana cara menguji reliabilitas kuesionernya? krn di validitas konten tdk ada skoring ala model skala Likert (skor 1-5).mksh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s