OBSERVASI PENGAWASAN TUGAS GURU SESUAI PERMEN 41 TAHUN 2007

Penjelasan

  1. Menertibkan suasana kelas artinya menciptakan suasana agar semua siswa siap belajar dalam arti fisik antara lain siswa duduk dengan tertib, tidak gaduh dan mau memperhatikan guru.
  2. Presentasi siswa artinya melakukan pengecekan terhadap kahadiran siswa dan mencatat siswa yang tidak hadir.
  3. Membangkitkan motivasi artinya membangkitkan kehendak belajar siswa antara lain: siswa merasa ingin tahu apa yang dipermasalahkan oleh guru antara lain:

a.  Berpenampilan menarik, terkesan yakin diri dan ramah.

b.  Mengawali pelajaran dengan cerita atau miskonsepsi.

c.  Menunjukkan kegunaan pelajaran dalam kehidupan sehari-hari atau dalam mata pelajaran lain.

d.  Memberi permasalahan yang menantang sehingga membangkitkan keinginan untuk memecahkannya.

  1. Apersepsi atau bertanya tentang pengetahuan terdahulu yang berkaitan dengan materi baru, misalnya:

a.  Mengajukan pertanyaan mengenai pelajaran yang lalu.

b.  Membicarakan pekerjaan rumah sebelumnya.

c.  Memberi tugas mengerjakan soal yang telah diberikan, cukup, 1 soal singkat.

  1. Guru memberitahukan tujuan artinya guru menjelaskan kemampuan yang diharapkan dimiliki siswa sesuai pelajaran.
  2. Keteraturan Materi artinya tidak terjadi lompatan atau penggunaan materi yang belum diajarkan atau dimulai dari yang sukar akhirnya kembali ke yang mudah, atau dari yang sangat komplek ke yang sederhana. Pengajarannya sesuai dengan program semester/cawu.
  3. Penjelasan konsep artinya siswa dapat mengerti jelas pokok bahasan yang sedang mereka pelajari.
  4. Pemberian contoh atau peragaan artinya tidak hanya dengan uraian atau difinisi saja.
  5. Pertanyaan terbuka artinya pertanyaan yang jawabannya lebih dari satu.
  6. Memberikan variasi artinya sikap guru tidak statis, suara tidak monoton, sikap badan tidak kaku, mimik muka berekpresi, posisi tidak menghalangi siswa melihat ke papan tulis.
  7. Mengembangkan diskusi artinya siswa dikelompokkan dan ditugasi membahas atau mengerjakan sesuatu bersama-sama.
  8. Penggunaan alat atau media digunakan dengan benar dan cocok serta tepat waktu.
  9. Mengekplorasi pendapat siswa artinya menggali dari jawaban-jawaban siswa yang belum tepat sehingga didapat jawaban yang dikehendaki.
  10. Penguasaan materi diisi bila tidak da indikasi guru kurang yakin diri atau ragu-ragu dan semua pertanyaan siswa dapat dijawab dengan benar.
  11. Kerapian berbusana artinya guru berpakaian rapi, bersih, bersepatu dan memakai kaos kaki, kancing baju terpasang, rambut disisir rapi.
  12. Membuat rangkuman/ringkasan: bukan guru yang merangkum/meringkas, yang melakukan adalah siswa atas pesuruh guru. Bisa juga dilakukan dengan pertanyaan-pertanyaan yang cepat yang merupakan ringkasan dari materi.
  13. Umpan balik artinya sesuatu yang berguna bagi siswa sebagai rangsangan, dorongan untuk bertindak lebih lanjut/perbaikan.
  14. Tugas terstruktur artinya: kegiatan pembelajaran berupa pendalaman materi yang didesain oleh guru untuk mengembangkan kemandirian belajar peserta didik. Peran guru sebagai fasilitator, tutor, teman belajar, waktu penyelesaian tugas ditentukan oleh guru. Kegiatan ini termasuk remedial, pengayaan, percepatan (Glosarium Standar Isi, Depdiknas, 2008: 8).
  15. Tugas mandiri tidak terstruktur: kegiatan belajar berupa pendalaman materi yang dirancang oleh guru namun tidak dicantumkan dalam jadwal pelajaran baik untuk sistim paket atau sistim SKS. Waktu penyelesaian tugas ini diatur sendiri oleh siswa. Strategi yang digunakan adalah Discovery Inquiry dengan metode seperti: penugasan, observasi lingkungan, proyek (Glosarium Standar Isi, Depdiknas, 2008: 9).

 

FORMAT  A

 

KESIAPAN PROFESIONALISME GURU

DAFTAR PERTANYAAN PRA OBSERVASI

 

Wawancara:            menit

PERTANYAAN

CATATAN WAWANCARA

  1. Materi sesuai indikator yang Saudara kerjakan

 

 

  1. Tujuan apa yang diharapkan akan dimiliki siswa?

 

 

  1. Dapatkah saudara menceritakan pentahapan pengajaran?

 

 

  1. Adakah materi-materi yang diperkirakan sulit dipahami oleh siswa?

 

 

 

  1. Apakah ada dugaan mengenai sumber kesulitan belajar siswa?

 

  1. Bagaimana perasaan saudara mengenai kesiapan saudara mengajar?

 

  1. Metoda utama apa yang digunakan? Strategi apa yang dipilih, dan teknik yang bagaimana Saudara rencanakan

 

  1. Apakah Saudara akan menggunakan alat bantu? Misalnya: LCD

 

 

Jika tidak, mengapa? Jika ya apa saja yang saudara siapkan?

 

Mengapa alat-alat itu diperlukan?

 

  1. Untuk memenuhi pengalaman belajar, fasilitas apa saja yang sudah diupayakan?

 

 

  1. Apakah saudara tidak keberatan, apabila saya ikut mengamati PBM di kelas Saudara?
Materi: …………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………………….

Indikator: ……………………………………………………………………………………………..

 

…………………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………………….

 

 

…………………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………………….

 

Bila ada tulis, bila tidak dicoret.

a. ………………………………………………………………………………………………………….

b. ………………………………………………………………………………………………………….

c. ………………………………………………………………………………………………………….

d. ………………………………………………………………………………………………………….

 

Bila ada tulis, bila tidak kosongkan.

 

 

Siap/kurang siap

Siap dengan model-model pembelajaran/inovasi pembelajaran.

 

 

Metode …………………………………………………………………………………………………

Strategi …………………………………………………………………………………………………

Teknik ………………………………………………………………………………………………….

 

 

Tidak, karena………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………..

 

 

 

Ya, yaitu………………………………………………………………………………………………..

 

 

Perlu karena ………………………………………………………………………………………….

 

1. …………………………………………………………………………………………………………

2. …………………………………………………………………………………………………………

3. …………………………………………………………………………………………………………

4. …………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………………..

 

 

FORMAT  B

 

OBSERVASI BELAJAR MENGAJAR

 

Instrumen Penilaian Profesionalisme Guru sesuai Permen No. 41 Tahun 2007

 

NO

INDIKATOR

SUB INDIKATOR

ADA

TIDAK

1

Persiapan Program Tahunan    
Program Semesteran    
Silabus    
R P P    
Daftar Nilai    
Format Analisis Hasil Penilaian    
Program Remedial    
Program Pengayaan    
Agenda/Jurnal    

2

SK Ada Standar Kompetensi    

3

KD Ada Kompetensi Dasar    

4

Indikator Pencapaian Kompetensi Ada minimal 3 buah indikator    
Ada indikator mengukur kognitif    
Ada indikator mengukur afektif/ psikomotorik    

5

Tujuan Pembelajaran Ada tujuan yang mengukur kognitif    
Ada tujuan yang mengukur afektif/ psikomotorik    
Tujuan teratur, berurut-urut sesuai tingkat kognitif, afektif, dan psikomotor    

6

Materi Ajar Materi dibuat dengan melihat indikator    
Materi sesuai karakteristik siswa    
Materi bisa kognitif, bisa afektif, bisa psikomotor    
Materi sistimatis dan sistemik    
Materi bermanfaat sehingga dapat memberi inspirasi/cita-cita kelak dan menyenangkan    
Berhubungan dengan kehidupan siswa sehari-hari, sesuai karakteristik siswa dan lingkungan    

7

Alokasi Waktu Alokasi waktu pertemuan keseluruhan di RPP    
Ketepatan penggunaan waktu di pembukaan    
Ketepatan penggunaan waktu di inti    
Ketepatan penggunaan waktu di penutup    

8

Metode Pembelajaran Ada strategi/model pembelajaran yang digunakan    
Ada minimal 3 metode ajar Discovery Inquiry    

9

Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan Ada salam pendahuluan    
Ada motivasi/apresiasi    
Ada penyampaian tujuan    
Ada apersepsi yang dilakukan    

Kegiatan Pembelajaran Inti/Explorasi Ada pelibatan siswa mencari informasi    
Ada ragam pendekatan pembelajaran    
Ada cara memfasilitasi terjadinya interaksi antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru dan siswa dengan lingkungan dan sumber belajar    
Ada cara melibatkan siswa agar aktif, misalnya penggunaan pendekatan, metode dan teknik-teknik tertentu    
Memfasilitasi siswa membuat tugas, misalnya penggunaan beberapa perintah    
Ada perubahan posisi guru/murid agar pembelajaran tidak membosankan    
Ada tugas terstruktur yang dilakukan guru    
Ada guru memberi penjelasan bahwa materi yang sedang diexplorasi sangat bermanfaat untuk memecahkan kehidupan sehari-hari siswa    

Kegiatan Pembelajaran Inti/Elaborasi Ada kegiatan yang membuat siswa terbiasa membaca dan menulis    
Adatugas yang diberikan yang membuat gagasan-gagasan siswa muncul    
Ada kegiatan-kegiatan seperti diskusi, tanya jawab, presentasi, dll    
Ada pemberian kesempatan berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah    
Ada cara pembelajaran kooperatif dan kolaboratif    
Ada cara membuat kompetisi yang sehat    

 

  Ada pembahasan laporan explorasi    
Ada aktivitas oleh siswa baik individual maupun kelompok    
Ada penyampaian produk oleh siswa pada guru    

  Ada kegiatan yang menimbulkan kebanggaan dan rasa percaya diri    
Ada kegiatan guru yang menuntut kreativitas, prakarsa, perkembangan minat, bakat, serta perkembangan fisik peserta didik    
Ada kegiatan guru yang mengarah pada penempatan siswa sebagai posisi sentral    
Dalam penggunaan metode tanya jawab ada penjelasan bahwa yang dilakukan adalah tanya jawab lebih dari dua arah yang membuat siswa interaktif dan tertantang    

Kegiatan Pembelajaran Inti/Konfirmasi Ada umpan balik, penguatan yang akan diberikan    
Ada konfirmasi terhadap hasil explorasi dan elaborasi    
Ada refleksi yang digunakan    
Ada memfasilitasi siswa dalam menjawab pertanyaan    
Ada waktu penyelesaian masalah    
Ada pemberian acuan untuk mencek hasil explorasi    
Ada pemberian motivasi bagi siswa yang kurang/belum berpartisipasi    

Kegiatan Pembelajaran Penutup Ada pembuatan rangkuman/simpulan    
Ada refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan    
Ada pemberian umpan balik    
Ada pemberian tindak lanjut seperti remidi dan pengayaan, ada upaya pemberian tugas terstruktur dan tugas mandiri tidak disebutkan, tugas-tugas individual maupun kelompok    
Ada penyampaian rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya    

 

 

  Ada kegiatan guru menyuruh siswa mengatakan dan melakukan, untuk 90% pencapaian penguasaan    

  Ada tugas tidak terstruktur    
Ada salam penutup    

10

Penilaian Hasil Belajar Penilaian yang dilakukan hierarchinya benar (bertahap, misalnya: C1, terus C2, dst.)    
Penilaian yang dilakukan sistimatiknya benar (penggolongan, misalya: beberapa soal mudah, beberapa sedang, beberapa sulit)    
Ada guru membuat kisi-kisi soal    
Ada kriteria pencapaian indikator (berapa orang atau berapa %)    
Penggunaan index sensitivitas bagi yang menggunakan pre test post test    
Ada penilaian yang digunakan bisa test, bisa non test    
Penilaian mengacu pada tujuan    
Test tepat mengukur kognitif, afektif, psikomotor yang dituju    
Terbukti bahwa test yang dilakukan berdasar acuan kriteria pada sistim penilaian yang berkelanjutan    
Ada minimal 2 penilaian seperti penugasan, fortofolio, proyek dan/atau produk, penilaian diri, kinerja, pengukuran sikap, tugas, observasi, laporan praktikum, unjuk kerja, performansi, responsi (ujian praktek), dll.    

11

Sumber Belajar Ada sumber belajar berupa buku-buku    
Ada sumber belajar berupa alat    
Ada  sumber belajar berupa bahan    
Ada  sumber lain seperti lingkungan, orang (nara sumber), peristiwa, media non buku    

 

 

FORMAT  C

 

DAFTAR PERTANYAAN POST OBSERVASI

PENGAWAS MASUK KE RUANG TERTENTU DAN BERDISKUSI DENGAN GURU

 

 

NO

PERTANYAAN

JAWABAN

1

2

3

4

5

6

7

8

Apakah KBM sesuai dengan yang Anda rencanakan?

Dapatkah saudara menjelaskan hal-hal yang dirasakan kurang memuaskan dalam proses pembelajaran tadi?

Bagaimana perkiraan saudara mengenai ketercapaian tujuan pembelajaran?, Metode?, Strategi?, Tehnik, dll.

Apa yang menjadi kesulitan siswa?

Apa yang menjadi kesulitan saudara?

Marilah kita bersama-sama mengidentifikasi hal-hal yang perlu ditingkatkan berdasarkan pengalaman saudara dan pengamatan saudara, Pengawas berdiskusi dengan guru bidang studi.

Dengan demikian apa yang akan saudara lakukan untuk pertemuan berikutnya?

Diadakan pembicaraan tentang penggunaan lab, perpustakaan dan media-media lain seperti internet, komputer, surat kabar, majalah, dll.

Apa Anda membuat program analisis hasil belajar? Boleh dilihat? Kesulitannya apa? dll.

 

9

Program Remidial

a. Keterlaksanaan Hasil Belajar Remidial

Mata Pelajaran

Terlaksana

Pencapaian

(%)

Ya

Tidak

 

 

 

b. Pertanyaan terhadap keberhasilan program remidial

Pertanyaan

Jawaban

  1. Apakah Anda puas degan hasil pelaksanaan  program remidial yang Anda lakukan?

Ya

Tidak

  1. Apakah bentuk remidial yang Anda lakukan:
   
a. Mengulang materi yang belum tuntas    
b. Memberikan tugas    
c. …………………………………………………………    
  1. Apakah pelaksanaan remidial dilakukan berdasarkan permintaan:
   
a. Siswa?    
b. Guru?    
c. Ketentuan Sekolah?    
  1. Apabila remidial tidak dilakukan, disebabkan karena:
   
a. Tidak ada waktu?    
b. Siswa yang bersangkutan tidak menginginkan mengikuti remidial?    
c. ………………………………………………………….    

10

 

 

Program Pengayaan

a. Persentase Keberhasilan Program Pengayaan

Mata Pelajaran

Terlaksana

Pencapaian

(%)

Ya

Tidak

 

 

 

 

 

   

 

 

 

 

 

 

 

 

b. Pertanyaan terhadap pelaksanaan keberhasilan program pengayaan

 

Pertanyaan

Jawaban

1

Apabila ada siswa yang mempunyai kemampuan lebih dibanding dengan siswa lainnya apakah Anda memberikan pengayaan?

Ya

Tidak

2

Apabila ya, pengayaan diberikan dalam bentuk:

a) Pemberian tugas yang lebih menantang?

b) Pemberian penjelasan pengetahuan baru dalam waktu yang berbeda?

3

Apakah Anda memberikan program pengayaan (dengan penjelasan tambahan) tersebut sendiri?

4

Apakah siswa Anda merasa puas atau senang dengan hasil belajar pengayaan?

5

Apakah dari hasil pengayaan, siswa diberikan penghargaan?

6

Kalau pengayaan tidak dilaksanakan, lebih disebabkan oleh:

a. Guru menganggap kompetensi siswa sudah cukup?

b. Tidak tersedianya waktu?

c. Tidak tersedianya ruang belajar?

d. Tidak berkeinginan untuk melaksanakan program pengayaan

e. …………………………………………………..

7

Bila pengayaan diberikan akan bermanfaat bagi siswa karena:

a. Dapat menambah wawasan dan kompetensi siswa?

b. Memberikan peluang kepada siswa untuk berkreasi?

c. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendalami materi tersebut?

d. …………………………………………………..

8

Apakah program pengayaan menuntut pendanaan yang banyak dan Anda mengusulkannya kepada Kepala Sekolah?

Format C ini dilakukan setelah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) selesai, Guru dipanggil ke kantor atau di ruangan yang lain yang tidak terganggu.

 

 

PEMBINAAN

 

Dari pengolahan hasil pengamatan dan wawancara tersebut dapat ditetapkan cara-cara pembinaan yaitu:

  1. Pembinaan langsung dan
  2. Pembinaan tidak langsung
  3. Pembinaan Langsung

Pembinaan  langsung dilakukan terhadap hal-hal khusus yang perlu diperbaiki seperti:

  1. Saran-saran mengenai pengolahan kelas.
  2. Saran-saran mengenai pengolahan waktu.
  3. Saran-saran alternatif kegiatan belajar.
  4. Saran-saran alternatif penilaian.
  5. Saran-saran alternatif alat bantu.
  6. Penyediaan fasilitas belajar yang diperlukan.
  7. Penyediaan buku teks atau relevansi.
  8. Saran untuk menghubungi koordinator guru mata pelajaran sejenis untuk mendiskusikan materi.
  9. Pembinaan Tidak Langsung

Pembinaan tidak langsung dilakukan terhadap hal-hal umum yang perlu diperbaiki yang sering dijumpai dalam beberapa observasi misalnya:

1.     Pengelolaan pelayanan terhadap perbedaan kemampuan siswa (perbaikan dan pengayaan).

2.     Sumber kesulitan belajar siswa terhadap materi yang diajarkan.

3.     Analisis hasil belajar.

4.     Mengadakan forum diskusi mengundang nara sumber, rapat kerja menyusun program pengajaran atau program evaluasi, penulisan artikel untuk masalah tersebut dan dibahas bersama-sama dengan guru mata pelajaran, sambil juga mengupayakan tentang MGMP.

 

 

 

Guru Yang Diamati                                                                                           Pengawas Sekolah

 

 

 

____________________                                                                                ____________________

NIP.                                                                                                                 NIP.

Kepala Sekolah

____________________

                                                                           NIP.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s